Pendidikan Kewirausahaan Berhubungan Dengan Intensi Berwirausaha Berdasar Theory Of Planned Behavior Mahasiswa DIII Kebidanan
Abstract
Profesi Bidan memiliki peminat yang cukup tinggi yang membuat jumlah bidan meningkat pesat, sementara lapangan pekerjaan terbatas sehingga banyak lulusan kebidanan tidak dapat terakomodir oleh lapangan pekerjaan sektor formal yang ada. Salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut adalah menciptakan lapangan kerja sendiri dimana pelakunya akan memiliki kebebasan mengaplikasikan ilmu dan keterampilan sesuai peluang yang ada sebagai pelaku wirausaha, dimana hal ini dapat didorong melalui pemberian pendidikan kewirausahaan untuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pendidikan kewirausahaan dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa DIII Kebidanan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain potong lintang, jumlah responden sebanyak 113 orang. Data didapat melalui pengisian kuesioner tentang pendidikan kewirausahaan yang terdiri dari aspek konten materi, metode pembelajaran dan narasumber dan penilaian intensi berwirausaha dikembangkan berdasarkan Theory Of Planned Behavior . Hasil analisis memperlihatkan bahwa pendidikan kewirausahaan dengan intensi berwirausaha memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan r=0,470 dan nilai p <0,001. Dan berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda pada aspek-aspek pendidikan kewirausahaan didapatkan hasil bahwa konten materi merupakan aspek yang paling dominan berhubungan dan signifikan dengan intensi berwirausaha dengan nilai Beta=0,465, dan nilai p <0,001. Penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan berhubungan dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa DIII kebidanan.
Full Text:
PDFReferences
Adnyana IGLA, Purnami NM. 2016. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Locus Of Control pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud.Vol.5, No.2,:1160-88.
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior, Organization Behavior and Human Decision Processes. 50,pp:179-211.
Anggraeni. DAL, Nurcaya IN. 2016. Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5,No.4:2424-2435.
Cucuani H, Aryani L, Marettih AKE, Fitri RA. Desember 2012. Efektifitas Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Psikologi. Eksperimen pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Jurnal Psikologi, Volume 8.
Dahlan M.S. 2012. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Edisi 5. Salemba Medika. Jakarta.
Damayanti R. 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Notoatmodjo S, editor. Jakarta: Rineka Cipta.
Denanyoh, Richard, Adjei K, Nyemekye E.G. 2015. Factors that Impact on Entrepreneurial Intention of Tertiary Students in Ghana, International Journal of Business and Social Research 5(3), pp:19-29
Dewi R.P, Purwana D, Wibowo A. Maret 2017. Hubungan Pola Asuh, Kurikulum Kewirausahaan Dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (Jpeb) Vol. 5 No. 1 E-Issn: 2302 – 2663
Doğan, E. 2015. The Effect Of Entrepreneurship Education On Entrepreneurial Intentions Of University Students In Turkey. Ekonometri Ve İstatistik Sayı:23. 79-93
Elianti. Oktober 2013. Pengaruh Kemampuan Mengajar Dosen Program Studi Matematika FKIP Unsyiah terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Peluang. Vol.2,Nomor 1,.ISSN:2302-5158
Fajarina D.E. 2014. Pengaruh Kualitas Input, Kopetensi Guru, Sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SAN pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2009/2010 di Situbondo. Pedagogy Volume. 1, No.01.
Fatoki, Olawale. 2014. The Entrepreneurial Intention of Undergraduate Students in South Africa: The Influences of Entrepreneurship Education and Previous Work Experience. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(7): 294-299.
Fayolle, Alain, Gailly B. 2015. The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Attitudes and Intention:Hysteresis and Persistence. Journal of Small Business Management,Vol.53(1),pp:75-93.
Griffin, Ricky W., and Ronald L. Elbert. 2006. Business, eight edition, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, Prentice Hall, New Jersey, United States of America.
Hisrich, R.D., Peters, M.P., and Shepherd, D.A. (2008). Kewirausahaan Edisi 7. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta :Salemba Empat.
Hussain A. 2015. Impact of Entrepreneurial Education on Entrepreneurial Intentions of Pakistani Students. Journal of Entrepreneurship and Business Innovation ISSN 2332-8851, Vol. 2, No.1.
Instruksi Presiden No.4 Tahun 1995, tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan atau GNMK.
Jiying, Wang, Zongabiro P, dan Palagie N. 2014. Determinants of Entrepreneurial Intention Among African Student’s in China, International Journal of Higher Education 3 (4), pp: 106-119
Kaijun, Yang dan Sholihah P.I. 2015. A Comparative Study of The Indonesia and Chinese Educative Systems Concerning The Dominant Incentives to Entrepreneurial Spirit (Desire for A New Venturing) of Bussines School Students. Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol.4(1),pp:1-16.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Kurikulum Inti Pendidikan DIII Kebidanan.
Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Info Tenaga Kesehatan. Badan PPSDM Kesehatan.
Kostania G. Februari 2015. Pelaksanaan Pelayanan Kebidanan Komplementer Pada Bidan Praktik Mandiri Di Kabupaten Klaten. Gaster Vol. XII No. 1.
Kusuma MWA, Warmika IGK. 2016. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa S1 FEB UNUD. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5,No.1,;678-705
Kristiadi S, Sudarma K, Khafid M. 2016. Pengaruh Sikap Berperilaku, Norma Subjektif dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan
DOI: https://doi.org/10.32807/jkp.v13i2.244
Refbacks
- There are currently no refbacks.