Pengaruh Metode Ceramah Dan Simulasi Start Triage Terhadap Pengetahuan Relawan Non-Medis

Eka Rudy Purwana, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Latar Belakang : Triage sebagai pintu gerbang perawatan pasien memegang peranan penting dalam pengaturan darurat melalui pengelompokan dan memprioritaskan pasien. bencana dapat mengakibatkan berbagai dampak yang serius. Untuk mengurangi dampak yang terjadi triage sangat penting dilakukan terutama untuk mengurangi dampak korban jiwa. Untuk bisa melakukan trige seseorang harus memiliki pengetahuan yang dapat diberikan melalui berbagai cara salah satunya adalah metode ceramah dan simulasi.

Tujuan :Mengetahui pengaruh metode ceramah dan simulasi terhadap pengetahuan relawan non medis tentang START Triage

Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah pra experimental one group pretest–posttest. Populasi pada penelitian ini adalah semua relawan non medis di Desa Langko.Sampel dalam penelitian ini 50. Pengambilan sampelmenggunakantotal samplingdengan menggunakan kuisioner dan ceklist, tekhnik analisis data menggunakan analisis Uji Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil :Hasil penelitian didapatkan, metode ceramah dan simulasitentang START Triage data pengetahuan sebelum 84% kurang sesudah 52% cukup dan data nilai (pengetahuan : ρ = 0,000, dan

Keywords


start triage; ceramah dan simulasi; pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Emiwati. (2012). metode ceramah. Penerapan Metode Ceramah Dalam Memahami Pelajaran Ketenagakerjaan.

Kushayati, N. (2014). Analisis Metode Triage Prehospital pada Insiden Korban Masal (Mass Casualty Incident). Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4), 1–9. https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3515

Lubis, Z. S., Lubis, N. L., & Syahrial, E. (2019). Pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak tentang PHBS. 3(2252), 58–66.

Lontoh, Christie dkk. 2013. “Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Dan Paru Siswa – Siswi SMA Negeri Toili” Manado :ejournal keperawatan (e-Kp) Vol. 1 No. 1. Tersedia dalam https://ejournal.unsrat.ac.id. Diakses pada april 2019.

Mulyadi. 2016. “ Pengaruh Penyuluhan dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa SMAN 9 Kota

Manado”.. Tersedia dalam :http://ejournal.stik-immanuel.ac.id. Diakses pada oktober 2018.

Notoatmodjo S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo,S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam dan Ferry Effendy. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nur Hasanah, Umi. 2015. “ Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Keterampilan Perawat dalam Melakukan Tindakan Bantuan Hidup Dasar (BHD) DIi RSUD Kabupaten Karanganyar”. Tersedia dalam :http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id. Diakses pada oktober 2018.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2016. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Ramsi, I. dkk. (2014). Basic life support (13th ed.).

Ristanto, R. (2015). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan ketrampilan dokter kecil pada penanganan luka terbuka. 2007.

riwidikdo. (2012). statistik kesehatan. In statistik kesehatan. Nuha Medika.

sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. In metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. alfabeta.

sukiarko, edy. (n.d.). pengaruh pelatihan dengan metode belajar berdasarkan masalah terhadap pengetahuan dan keterampilan kader gizi dalam kegiatan posyandu. In pengaruh pelatihan dengan metode belajar berdasarkan masalah terhadap pengetahuan dan keterampilan kader gizi dalam kegiatan posyandu. https://core.ac.uk.

Wahyuni, Daru dan Kiromim Baroroh. 2012. “Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomika Mikro“Yogyakarta : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 9 No. 1. Tersedia dalam :https://media.neliti.com. Diakses pada oktober 2018.

Yuliano, A., Kartika, K., & Alfandi, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Relawan Bencana Dengan Keterampilan Melakukan Triase Metode Start Di Kota Bukittinggi. 2(1), 52–59.




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v3i2.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bima Nursing Journal