Efektifitas Pelatihan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita terhadap Keterampilan Ibu dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Balita

Indra Rahmad, Abdul Haris, Ana Triana Wulandari

Abstract


Pada masa anak usia dini merupakan masa keemasan perkembangan anak, jendela kesempatan dan masa kritis. Masa ini merupakan masa peka (sensitif), masa pertumbuhan dan perkembangan yang cepat dan penting. Pada masa ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, baik pertumbuhan secara fisik maupun perkembangan motorik, perkembangan bahasa dan perkembangan personal sosial. Penelitian ini sebagai upaya promotif dan preventif pencegahan terjadinya penyimpangan pertumbuhan balita. Metode penelitian yang digunakan quasy experiment dengan rancangan pre test and post test control group design dengan uji yang digunakan Uji Wilcoxon dan Uji Man Whitney. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan keterampilan ibu meningkat setelah diberikan pelatihan keterampilan dalam menstimulas balita pada kelompok intervensi dengan skor rata-rata pre-test 67.61 dan post-test skor rata-rata 85.39. Kemudian pada kelompok kontrol juga terdapat peningkatan keterampilan dengan nilai rata-rata pre-test 66.94 dan post-test nilai rata-rata 83.52. Hasil analisis menunjukkan pada kelompok intervensi didapatkan nilai P value sebesar 0.0001 bahwa ada perbedaan keterampilan sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan di Puskesmas Mpunda. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan nilai P value sebesar 0.002 bahwa ada perbedaan keterampilan sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan di Puskesmas Mpunda. Untuk efektivitas pelatihan deteksi dini tumbuh kembang balita terhadap keterampilan ibu dalam menstimulasi tumbuh kembang balita dengan menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan hasil p value 0,0001. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan pelatihan dapat meningkatan keterampilan ibu dalam memberikan stimulus pada balita sehingga para ibu dapat mendeteksi sejak dini jika terjadinya penyimpangan pada tumbuh kembang balita.

Keywords


tumbuh kembang; Balita; keterampilan ibu

Full Text:

PDF

References


Wicaksono, D.W. (2012). Analisis Faktor Domain yang Berhubungan dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Atmikasari. (2008). Deteksi dini gangguan perkembangan anak. . http://www.cybertokoh.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=39 87, diperoleh 4 Februari, 2009.

Agrina. (2008). Pengaruh karakteristik orangtua dan lingkungan rumah terhadap perkembangan balita di wilayah kerja puskesmas Sidomulyo rawat inap Pekanbaru. Tesis: tidak dipublikasikan.

Ball, J.W., & Bindler, C. R. (2003). Pediatric nursing caring for childreen. New Jersey: Pearson Education Inc.

Basford, L. (2006). Teori dan praktek keperawatan: Pendekatan integral pada asuhan pasien. Alih bahasa , Agung Waluyo. Editor, Monica Ester. Jakarta: EGC.

Bear, L.M. (2004). Early identification of infants at risk for developmental disabilities. Pediatric Clin N An, 51, 685-701

Dharmawanto. (2005). Peranan gizi pada pertumbuhan dan perkembangan balita. http://www.hellis.org/modules, diperoleh 11 Februari, 2009.

Dina. (2007). 40% lebih balita Indonesia kurang gizi. http://islamicspace.wordpress.com/2007/02/16/40-lebih-balita-indonesia-kurang- gizi/, diperoleh 11 Februari, 2009

Dewi, N. S. (2007). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan HIV/AIDS pada pekerja seks komersial. Tesis: Tidak dipublikasikan

Maryati, I. (2006). Efektifitas pendidikan kesehatan terhadap aktifitas self care, Thesis Program Magister Keperawatan FIK UI. Jakarta : Tidak dipublikasikan Medline plus Health.

Nies, M.A., & McEwen, M. (2001). Community health nursing: Promoting the health of populations. (3rd ed.), USA: W.B. Saunders Company.

Nurani, A. (2002). Hubungan karakteristik ibu, dukungan keluarga dan pendidikan kesehatan denganperilaku pemberian ASI & MP-ASI pada bayi usia 0-12 bulan di desa waru Jaya Kecamatan Parung Kabupaten Bogor 2002: Tesis: tidak dipublikasikan.

Pender. (2003). Most frequently ask question about the health promotion models and my professional work and career. http://www. Nursing theory.net, diperoleh 11 Februari 2009).

Potter, A.P., & Perry, G.A. (2006). Buku ajar fundamental keperawatan: konsep, proses, dan praktik. Volume 2. Edisi 4. Jakarta: EGC.

Rosada, N. (2007). Penyimpangan tumbuh kembang anak harus dapat di deteksi sejak dini. http://www.bandung.go.id/index.php?fa=berita.detail&id=719, diperoleh 4 Februari, 2009.

Redjeki, G.S. (2005). Kemampuan dan kepuasan ibu terhadap pendidikan kesehatan mengenai stimulasi perkembangan anak usia toddler di kelurahan kemirimuka depok. Tesis. Jakarta : FIK-UI (tidak dipublikasikan).

Riyanto. (2002). Analisis faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku sehat. Thesis Program Magister Keperawatan FIK UI. Jakarta : Tidak dipublikasikan

Soetjiningsih. (1998). Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.

Saadah, N. (2004). Penelitian perbedaan tumbuh kembang balita usia 3-18 bulan yang menggunakan buku KIA dengan yang tidak menggunakan buku KIA. http://www.jiptunair.co.id, diperoleh 11 Februari 2009).

Sulistiyawati., & Pere, M. R. M. H. (2016). Pengetahuan berhubungan dengan sikap ibu dalam kemampuan menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan

anak balita dengan gizi kurang. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 4(2), 63-69.

Supartini, Y. (2004). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: EGC. Sunarwati. (2003). Praktek pengasuhan dalam menyiapkan anak berkualitas. http://anak.i2.co.id/beritabaru/berita.asp?id=169, diperoleh 12 Februari 2009.

Setiawati, S., & Dermawan, A.C. (2008). Proses pembelajaran dalam pendidikan kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.

Setyowati, T.T. (2004). Pengaruh pendidikan kesehatan perawatan ibu nifas (PK- PIN) terhadap kemampuan merawat diri dan kepuasan ibu post partum di RS panti rapih Yogyakarta. Tesis. Jakarta : FIK-UI (tidak dipublikasikan).

Utami, S. (2008). Pengaruh metode pelatihan terhadap kemampuan ibu dalam deteksi dini perkembangan anak usia 0 – 2 tahun (studi di wilayah kerja Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya). gdl-lib@litbang.depkes.go.id, diperoleh 11 Februari, 2009.

Wahyuni. (2004). Studi kuantitatif pengetahuan dan sikap orangtua tentang perkembangan sosialisasi pada anak prasekolah di Desa Ajun Lamhasan Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar. Banda Aceh: Skripsi: tidak dipublikasikan.

Wong, D.L. (2004). Pedoman klinis keperawatan pediatrik, edisi 4 (ed-4). Jakarta: EGC




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v3i1.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bima Nursing Journal