Hubungan Pemahaman Bacaan Salat dan Fungsi Keluarga dengan Risiko Kardiovaskular pada Lansia

M.Rizki Aditya, Abdul Haris, Julhana Julhana, Indra Rahmad, Sukmawati Sukmawati

Abstract


Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian di dunia, di Indonesia jumlah penderita penyakit jantung telah mencapai 1,6% yang didominasi oleh lansia. Pemahaman bacaan salat yang baik akan menghambat kerja saraf otonom simpatis dan meningkatkan kerja saraf otonom parasimpatis sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan sistem kardiovaskular.Fungsi keluarga yang efektif akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman bacaan salat dan fungsi keluarga dengan risiko kardiovaskular pada lansia di Kecamatan Gatak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dan dilakukan pada bulan Januari 2024 di Kecamatan Gatak. Besar subjek penelitian adalah 88 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data risiko kardiovaskular diambil dengan menggunakan kuesioner Skor Kardiovaskular Jakarta, pengambilan data fungsi keluarga menggunakan kuesioner APGAR family, data pemahaman bacaan salat menggunakan pertanyaan benar atau salah. Data dianalisis Bivariat menggunakan uji fisher’s dan Chi-square. Hasil uji fisher’s didapatkan tidak terdapat hubungan antara pemahaman bacaan salat dengan risiko kardiovaskular (p=0,359). Hasil uji chi-square didapatkan terdapat hubungan antara fungsi keluarga dengan risiko kardiovaskular (p=0,011). Tidak terdapat hubungan antara pemahaman bacaan salat dengan risiko kardiovaskular dan terdapat hubungan antara fungsi keluarga dengan risiko kardiovaskular.

Keywords


Salat; Keluarga; Risiko Kardiovaskular

Full Text:

PDF

References


Darmawati, Agustien, R. & Muflikhatin, S. K., 2015. Hubungan Antara Tingkat Spiritualitas Dengan Tekanan Darah Pada Pasien Hemodialisis di Unit Hemodialisis RSUD Taman Husada Bontang 2015. UMKT,:1-7.

Deloitte, 2019. Memastikan Keberlangsungan JKN-KIS Untuk Masyarakat Indonesia. 1 ed. s.l.:Deloitte Indonesia Perspective.

Doufesh, H., Ibrahim, F. & Ismail, N. A., 2014. Effect of Muslim Prayer (Salat) on a Electroencephalography and Its Relationship with Autonomic Nervous System Activity. The Journal of Alternative and ComplementaryMedicine, 20(7): 558-62.

Hanum, P., Lubis, R. & R., 2018. Hubungan Karakteristik dan Dukungan Keluarga Lansia dengan Kejadian Stroke Pada Lansia Hipertensi di Rumah Sakit Umum Pusat haji Adam Malik Medan. Jumantik, 3(1) : 72-88.

Kementrian Kesehatan RI, 2017. Petunjuk Teknis Penatalaksanaan Penyakit Kardiovaskular Untuk Dokter. Kementrian Kesehatan RI Sekretariat Jendral Pusat Kesehatan Haji, : 9-14.

Kementrian Kesehatan RI, 2019. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Mulyadi, J.Keppel, B. & Bisnu, M. Isra. K. Hi., 2017. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Derajat Hipertensi Pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Ranomuut Kota manado. e-journal Keperawatan, 5(1):1-9.

Muhtar, & Haris, A. (2016). Penerapan Asuhan Keperawatan Keluarga dalam Meningkatkan Self Care Behavior Penderita Tuberkulosis Paru di Kota Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kesehatan Prima, I0(1), 1579–1587. https://doi.org/10.32807/jkp.v10i1.29

Muhtar & Aniharyati (2019). Dukungan Pemenuhan Activity Daily Living (ADL) Pada Lanjut Usia di Balai Sosial Lanjut Usia Meci Angi. Bima Nursing Journal, 1(1), 64–69. http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/bnj/index

Newberg, A. B., Alavi, A. & Reddin, J., 2015. A Case Series Study of the Neurophysiological Effects of Altered States of Mind During Intense Islamic Prayer. Journal of Physiology – Paris: 1-7.

Putriandri, C., Setyawati, E. & Sukrang., 2016. Hubungan Mekanisme Koping Dengan Hipertensi Pada Usia Lanjut di Posyandu Lansia Desa Dosa Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso. Jurnal Ilmu Kesehatan, 10(1):1024-28.

Romadhon, Y. A., 2019. Pengantar Kajian Ilmu Kedokteran Pada Ibadah Sholat Perspektif neurosains, Kedokteran pencegahan, Kronobiologi Kedokteran, dan Psikoneuroimunologi. 1 ed. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Romadhon, Y. A., Purwantob, B., Romdonic, R. & Surotod., 2019. Effects of Bio-Psycho-Socio-Spiritual Factors on Biomarkers of Cardiovascular Inflammation in Elderly Indonesian Muslim. Asian Journal of Medical Research, 8(4), : 36-43.

WHO, 2017. World Health Organization. [Online] Available at: https://www.who.int/news-room/fact sheets/detail/cardiovascular-diseases (cvds) [Accessed 6 October 2019].




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v5i2.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bima Nursing Journal