PENDIDIKAN KESEHATAN SENAM HIPERTENSI UNTUK PENURUNAN TEKANAN DARAH TINGGI | Adawiyah | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

PENDIDIKAN KESEHATAN SENAM HIPERTENSI UNTUK PENURUNAN TEKANAN DARAH TINGGI

Siti Robeatul Adawiyah(1*), Nabila Aisyah Safira(2), Wanda Julia Pangestuti(3), Satrio Nur Fadhilah(4)
(1) Universitas Yatsi Madani
(2) Universitas Yatsi Madani
(3) Universitas Yatsi Madani
(4) Universitas Yatsi Madani
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v4i1.961

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan berubahnya tekanan darah menjadi meningkat, dikarnakan oleh jantung lebih keras memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen didalam tubuh, sehingga tekanan darah akan meningkat. Penyakit ini sangat berisiko jika tidak diatasi dengan tepat, beberapa dampak yang akan terjadi mengalami kerusakan fungsi organ, seperti jantung, syaraf dan ginjal. Dimana penyakit hipertensi ini tidak pernah mengenal usia, penyakit ini akan menyerang semua usia baik lansia maupun usia dewasa namun banyak kejadian peningkatan tekanan darah ini biasanya meningkat pada usia diatas 40 tahun. Berubahnya tekanan darah menjadi meningkat, dikarnakan  jantung lebih keras memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen, sehingga tekanan darah akan meningkat. penyakit ini akan menyerang semua usia baik lansia maupun usia dewasa namun banyak kejadian peningkatan tekanan darah ini biasanya meningkat pada usia diatas 40 Tahun. Berdasarkan (Riskesdas 2018) prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 34,1%.. Penyakit hipertensi ini diperkirakan hanya 1/3 kasus di Indonesia yang terdiagnosis, namun sisanya tidak terdiagnosis. Ada beberapa cara dalam menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan cara farmakologi maupun non farmakologi, salah satu dari cara non farmakologi ada dengan melakukan senam hipertensi, dimana salah satu manfaat dari senam adalah dapat merangsang kerja jantung dan dapat diperoleh keuntungan bagi masyarakat yang menderita hipertensi, senam ini untuk menurunkan tekanan darah tinggi. yang digunakan adalah bina suasana, adapun kegiatan ini meliputi pemeriksaan tekanan darah tinggi, melakukan focus group discussion (FGD) dengan pembahasan tentang masalah yang kesehatan sistem karidovaskuler khususnya penyakit hipertensi, mendemonstrasikan senam hipertensi kepada masyarakat. Hasil yang diperoleh adalah semakin meningkatnya pengetahuan peserta, peserta dapat memahami tentang hipertensi dan dapat memperaktikan senam hipertensi sebagai upaya penurunan tekanan darah tinggi. Kesimpulan pendidikan kesehatan terkait senam hipertensi efektif dilihat adanya perubahan pengetahuan tentang manfaat senam hipertensi sebelum dan sesudah pendidikan.

 

Keywords


Senam Hipertensi; Tekanan Darah Tinggi

References


Adriani, Sri Wahyuni, Eri Purba Utomo, Shela Wulandari, and Veliyana Sukarji. 2021. “The Effect of Hypertension Health Education and Hypertension Gymnastics On” 12: 80–85.

Arindari, Dewi Rury, and Hendi Rifqi Alhafis. 2019. “Pengaruh Senam Hipertensi Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi.” Jurnal Kesehatan: Jurnal Ilmiah Multi Sciences IX (2): 80–87.

Basuki, Samudra Prihatin Hendra, and Sarwito Rahmad Barnawi. 2021. “Pengaruh Senam Hipertensi Terhadap Tekanan Darah Pada Komunitas Lansia Desa Petir Kecamatan Kalibagor, Banyumas.” Sainteks 18 (1): 87. https://doi.org/10.30595/sainteks.v18i1.10319.

Hernawan, Totok, and Fahrun Nur Rosyid. 2017. “Pengaruh Senam Hipertensi Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Wreda Darma Bhakti Kelurahan Pajang Surakarta.” Jurnal Kesehatan 10 (1): 26. https://doi.org/10.23917/jurkes.v10i1.5489.

Lismayanti, LILIS. 2018. “Efektifitas Spiritual Emotional Freedom Therapy (Seft) Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansia Diatas 65 Tahun Yang Mengalami Hipertensi.” Prosiding Seminar Nasional Dan Penelitian Kesehatan 2018 1 (1): 978–602. https://ejurnal.stikes-bth.ac.id/index.php/P3M_PSNDPK/article/view/348.

Oktaviani, Geva Ayu, Janu Purwono, Akademi Keperawatan, Dharma Wacana, Kata Kunci, and Tekanan Darah. 2022. “Jurnal Cendikia Muda Volume 2 , Nomor 2 , Juni 2022 ISSN : 2807-3469 PENERAPAN SENAM HIPERTENSI TERHADAP TEKANAN DARAH IMPLEMENTATION OF HYPERTENSION EXERCISE ON BLOOD PRESSURE Oktaviani , Penerapan Senam Hipertensi PENDAHULUAN Penyakit Jantung Dan Pembul” 2: 186–94.

Setiawan, Ganjar. 2016. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Desa Tumut Sumbersari Moyudan Sleman,” 3.


Article Statistic

Abstract view : 286 times
PDF views : 70 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.