UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU BALITA BAWAH GARIS MERAH DENGAN MODUL PARENTING EDUCATION | Meilati | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU BALITA BAWAH GARIS MERAH DENGAN MODUL PARENTING EDUCATION

Linda Meilati(1*)
(1) Poltekkes Kemenkes Mataram
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v2i2.721

Abstract

Perkembangan serta pertumbuhan anak pada masa bayi adalah masa yang berarti, perkembangan serta pertumbuhan anak balita  pada masa ini mempengaruhi serta memastikan pertumbuhan anak berikutnya. Anak Balita yang terletak di Bawah Garis Merah (BGM) pada KMS bisa jadi penanda dini kalau anak tersebut menghadapi permasalahan gizi ialah gizi kurang ataupun gizi kurang baik sehingga membutuhkan perhatian khusus. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para ibu yang mempunyai balita yang berada di Bawah Garis Merah (BGM) melalui modul parenting education tentang tumbuh kembangnya. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sesela I dan Sesela II di Puskesmas Gunungsari dengan jumlah peserta 20 orang. Konseling dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan menggunakan modul parenting education. Penilaian kegiatan dilakukan dengan melakukan analisis dari hasil angket serta nilai dari tes dari jawaban ibu balita. Metode analisis yang digunakan merupakan analisis deskriptif. Penilaian dari ibu balita adalah sebagian besar balita berada pada kategori abnormal berdasarkan berat badannya dibawah Garis Merah (BGM) yang tertera pada KMS-nya, keterbatasan informasi dan pengetahuan, namun setelah mendapatkan materi penyuluhan dengan modul parenting education, ada peningkatan tes pada semua ibu. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan ibu-ibu di Desa Sesela I dan Sesela II

Keywords


BGM;Parenting Education;Pengetahuan

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Apriyanto, D., Subagio, H. W., & Sawitri, D. R. (2016). Pola Asuh dan Status Gizi Balita di Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa, Nusa tenggara Barat. Jurnal Gizi Dan Pangan, 11(2), 125–134.

Azwar, S. (2003). Sikap Manusia Teori Skala dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Jakarta.

Cahyaningrum, E. D., & Siwi, A. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Pengetahuan Ibu Dalam Penanganan Demam Pada Anak di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto, 9(2).

Chikmah, A. M., Laksono, B., & Yuniastuti, A. (2016). Efektivitas SMS Bunda Dibanding Kelas Ibu Balita Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Perilaku. PublicHealth Perspective Journal, 1(1), 21–28.

Dinas Kesehatan Propinsi NTB. (2017). Profil Kesehatan NTB 2015. Mataram: Dinas Kesehatan Propinsi NTB.

Juhardin, H., & Roslan, S. (2016). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Anak (Studi Di Desa Amberi Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe). Jurnal Neo Societal, 1.

Kemenkes RI. (2016). Instrumen Stimulasi, Deteksi danIntervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Riset Kesehatan Dasar RISKESDAS 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemetrian Kesehatan RI.

Lestari, N. B., Sartono, A., & Handarsari, E. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Balita BGM di Desa Karangpasar Wilayah Kerja Puskesmas Tegowanu. Jurnal Gizi, 5(1).

Maryuani, A. (2010). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta. CV Trans Indo Media. Jakarta.

Meliati, L., & Ekayani, N. P. K. (2018). Children Under Five Year Mother Class Program to Detect the Children Growth and Development. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(1), 106–114. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ kemas.v14i1.12605

Mubarak, W. I., & Chayatin, N. (2009). Ilmu kesehatan masyarakat: teori dan aplikasi. Jakarta: Salemba Medika, 393.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan Kesehatan dan Perilaku Kesehatan Edisi 2012. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2010.05450.x

Puskesmas Gunungsari. (2017). Profil Kesehatan Tahun 2016 UPT BLUD Puskesmas Gunungsari Dinas Kesehatan Lombok Barat.

Shochib, M. (2010). Pola asuh orang tua (Dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri sebagai pribadi yang berkarakter). Jakarta: Rineka Cipta.

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak (Edisi 2). Jakarta: EGC.

Supariasa, I. D. N., Bakri, B., & Fajar, I. (2001). Penilaian Status Gizi. Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

UPTD BLUD Puskesmas Gunungsari. (2018). Laporan Bulanan September 2018 Puskesmas Gunungsari. Kabupaten Lombok Barat.

Wong, D. L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol 1. EGC.


Article Statistic

Abstract view : 435 times
PDF views : 78 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.