PENINGKATAN PERAN SUAMI DALAM TUMBUH KEMBANG JANIN SELAMA KEHAMILAN | Sulianty | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

PENINGKATAN PERAN SUAMI DALAM TUMBUH KEMBANG JANIN SELAMA KEHAMILAN

Ati Sulianty(1*), Liatisani Eftikasari(2), Umi Salamah(3)
(1) Poltekkes Kemenkes Mataram
(2) Poltekkes Kemenkes Mataram
(3) Poltekkes Kemenkes Mataram
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v2i1.679

Abstract

Proses kehamilan dan persalinan merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi seorang wanita karena pada masa ini adalah masa meningkatnya kewaspadaan dan terjadinya perubahan besar baik pada ibu hamil tersebut maupun pada keluarga terutama suami. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pengetahuan suami tentang tumbuh kembang janin selama kehamilan di Kelurahan Dasan Cermen Kecamatan Sandubaya Wilayah Kerja UPT BLUD PKM Babakan Tahun 2019. Jenis intervensi yang dilakukan adalah pemberian modul untuk menambah pengetahuan suami dalam pertumbuhan janin intra uterin. Jumlah suami yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebanyak 20 orang. Hasilnya didapatkan terdapat perubahan pengetahuan suami sebelum diberikan modul terdapat  9 (45%)  orang suami  yang memiliki kemampuan kurang setelah diberikan modul 14 orang suami atau 70 % memiliki pengetahuan yang baik. Saran perlu dilakukan upaya sosialisasi partisipasi suami dalam menjaga kesehatan kehamilan istri melalui penyuluhan yang dilakukan setiap bulan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menggunakan media promosi yang menarik.

Keywords


Peran suami;Kehamilan;Tumbuh Kembang Janin

References


Aprina, 2016 Analisis factor yang berhubungan dengan partisipasi suami dalam menjaga kesehatan kehamilan di wilayah puskesmas gading rejo kabupaten pringsewu

Hasanah, D.N., Febrianti dan Minsarnawati. Kebiasaan Makanan Menjadi Salah Satu Penyebab Kekurangan Energi Koronis (KEK) pada Ibu Hamil di Poli Kebidanan RSI&A Lestari Cirendeu Tangerang Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2012, 3(3): 91-104

Kemenkes RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang, Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA, Jakarta, hal. 24-26

Mahlida. 2012. Hubungan Dukungan Suami terhadap Tingkat Kepatuhan Pemeriksaan Kehamilan di Puskesmas Simo Mulyo Surabaya.

Miyata, S.M.I. dan Proverawati, A., 2010. Nutrisi Janin & Ibu Hamil; Cara Membuat Otak Janin Cerdas, Yogyakarta, Nuha Medika.

Sulistyoningsih, H., 2011. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak, Edisi Pertama, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Sulistyorini, S. (2007). Pengaruh peran serta suami terhadap tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi proses persalinan di desa jepat lor kecamatan tayu kabupaten pati. Kesehatan

Suryati. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Suami dengan Partisipasi Suami terhadap Kehamilan di Balai Pengobatan Sumber Sehat Marga Asih Kabupaten Bandung.

Septyaningrum. 2015. Hubungan Status Pekerjaan Suami dengan Peran Suami selamaPerawatan Kehamilan Istri di Puskesmas Baki Sukoharjo


Article Statistic

Abstract view : 349 times
PDF views : 82 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.