SOSIALISASI MANFAAT KONSUMSI AIR DALAM MEMACU FUNGSI KOGNITIF ANAK DI KELURAHAN DASAN CERMEN, SANDUBAYA, KOTA MATARAM | Khusuma | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

SOSIALISASI MANFAAT KONSUMSI AIR DALAM MEMACU FUNGSI KOGNITIF ANAK DI KELURAHAN DASAN CERMEN, SANDUBAYA, KOTA MATARAM

Ari Khusuma(1*)
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v2i1.606

Abstract

Dehidrasi diketahui memiliki efek negatif terhadap fungsi kognitif, termasuk memori, perhatian, kemampuan motorik. Kasus dehidrasi memang tidak terpetakan dengan baik karena berkaitan dengan berbagai faktor. ). Pada anak, dehidrasi ringan dapat memengaruhi performa kognitif dalam keseharian. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan pentingnya asupan air dalam jumlah yang cukup pada anak dalam keseharian sehingga anak tidak mengalami kondisi “dehidrasi periodic” akibat kurangnya konsumsi air putih. Kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Dasan Cermen ini berupa sosialisasi manfaat konsumsi air putih pada anak dan tes kognitif sederhana pada khalayak sasaran. Dari 30 orang anak yang mengikuti kegiatan tes kognitif sederhana ini didapatkan 17 anak dengan kemampuan kognitif yang sangat responsif, 9 orang cukup responsif, dan 4 orang kurang responsif. Orangtua dari khalayak sasaran diberikan sosialisasi tentang manfaat air putih dalam memacu kemampuan kognitif anak. Faktor yang mempengaruhi kognitif anak dalam kegiatan tes kognitif ini bermacam-macam seperti pengaruh karakteristik anak, karakteristik keluarga, kualitas lingkungan pengasuhan, dan kualitas pendidikan prasekolah dan sekolah, lingkungan anak dalam bermain dan belajar terhadap perkembangan kognitif anak. Masyarakat sudah menerapkan minum air putih yang cukup tetapi tidak terukur, belum memberikan bekal air minum dalam tumblr, dan sebagian mengaku kesulitan karena anak-anak lebih menyukai minum minuman yang manis. Secara umum, sosialisasi minum air putih untuk memacu funsgsi kognitif dapat diterima dengan baik.

Keywords


Dehidrasi;Fungsi Kognitif,;Konsumsi Air

References


Adan A. 2012. Cognitive performance and dehydration. JACN. 31(2): 71-78.

Asmadi dkk. (2011). Teknologi Pengolahan Air Minum. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Atikah Proverawati&Siti Asfuah. (2009). Gizi untuk Kebidanan. Yogyakarta: Mutia Medika

Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Semarang. Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro.

Buanasita, A., Yanto, A., & Sulistyowati, I. (2015). Perbedaan Tingkat Konsumsi Energi, Lemak, Cairan, dan Status Hidrasi Mahasiswa Obesitas dan Non Obesitas. Indonesian Journal of Human Nutrition. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2015.002.01.2

Dhamayanti, M., & Herlina, M. (2016). Skrining Gangguan Kognitif dan Bahasa dengan MenggunakanCapute Scales (Cognitive Adaptive Test/Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale-Cat/Clams). Sari Pediatri. https://doi.org/10.14238/sp11.3.2009.189-98

Hijriati. (2016). Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Jurnal Pendidikan Anak.

Cahyani V, Triharja AA, Natalia D. 2014. Konsumsi cairan dan status hidrasi pada lansia di Panti Soaial Tresna Werdha Mulia Dharma Kabupaten Kubu raya [naskah publikasi]. Kalimantan Barat (ID). Universitas tanjungpura.

Djoko Pekik Irianto. (2006). Gizi Olahraga. Yogyakarta: UNY

Diyani, Dika Aning (2012). Hubungan Pengetahuan, Aktivitas Fisik dan Faktor lain terhadap Konsumsi Air Minum pada Mahasiswa FKM UI Tahun 2012. Skripsi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.

Fauziyah, M. (2011) Sehat dengan Air Putih. 1st edn. Surabaya: Penerbit Stomata.

Gania, Matthew S. et al (2011). Mild Dehydration impairs cognitive performance and mood of men. British Journal of Nutrition. 106. 1535-1543.

Puskesmas Babakan. 2017. Profil UPT Puskesmas Babakan Tahun 2017.

Riskedas (2013), Riset kesehatan dasar, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan kementrian kesehatan RI


Article Statistic

Abstract view : 501 times
PDF views : 175 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.