SISWA SD BEBAS KECACINGAN DI SD INPRES BESMARAK DAN SD GMIT BIUPU | Djuma | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

SISWA SD BEBAS KECACINGAN DI SD INPRES BESMARAK DAN SD GMIT BIUPU

Agustina W Djuma(1*), Ni Made Susilawati(2), Supriati Wila Djami(3), Agnes Rantesalu(4), Novian Agni(5), Winioliski L.O Rohi Bire(6), Neiny Prisy Foekh(7), Karol Octrisdey(8), Melany F. Bessie(9)
(1) Poltekkes Kemenkes Kupang
(2) Poltekkes Kemenkes Kupang
(3) Poltekkes Kemenkes Kupang
(4) Poltekkes Kemenkes Kupang
(5) Poltekkes Kemenkes Kupang
(6) Poltekkes Kemenkes Kupang
(7) Poltekkes Kemenkes Kupang
(8) Poltekkes Kemenkes Kupang
(9) Poltekkes Kemenkes Kupang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v2i1.599

Abstract

Prevalensi kecacingan di Indonesia masih tinggi. Kejadian tertinggi infeksi kecacingan di Indonesia yaitu pada anak umur kurang dari 12 tahun. Anak umur 2-9 tahun adalah kelompok anak usia balita dan anak usia sekolah dasar yang sangat rentan terkena penyakit kecacingan, kerena masih berperilaku ceroboh dan sering menggunakan tangan untuk meletakkan suatu benda di mulutnya. Selain itu pada masa ini, anak lebih banyak bermain dibandingkan belajar. Oleh karena itu, melakukan penyuluhan kecacingan dan cara pencucian tangan yang baik serta pemeriksaan kesehatan di SD sangat diperlukan. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui apakah siswa SD Inpres Besmarak dan SD GMIT Biupu Kupang bebas kecacingan. Metode dilakukan dengan pemberian edukasi tentang kecacingan, pelatihan hygiene cara mencuci tangan yang benar, dan pemeriksaan kecacingan, Hb, serta golda pada siswa SD Inpres Besmarak dan SD GMIT Biupu, Kecamatan Nekamese. Berdasarkan hasil yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa SD Inpres Besmarak dan SD GMIT Biupu Kupang tidak ada yang terinfeksi cacing.

Keywords


Kecacingan;Cuci Tangan;Siswa SD

References


Andrauni, Adisti., dkk. 2012. "Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Infeksi Cacingan pada Anak di SDN 01 Pasirlangu Cisarua. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran dan Rumah Sakit Hasan Sadikin.Bandung."http://www.journals.unpad.ac.id/index.php/ejournal/article/view/597. Diakses pada 16 Mei 2019.

Cutler, R. 2010. "Promoting Hygiene in Schools : Breaking The Chain Of Infection". Journal Of School Nursing.

Fitri J, Saam Z, dan Hamidy M.Y,. 2012. "Analisis Faktor-Faktor Risiko Infeksi Kecacingan Murid Sekolah Dasar Di Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2012." Jurnal ilmu lingkungan. ISSN 1978-5283.

Gandahusada, S. 2006. "Parasitologi Kedokteran Edisi 3." Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Irianto, K. 2009. "Parasitologi : Berbagai Penyakit yang mempengaruhi Kesehatan Manusia." Bandung: Yrama Widya.

Irianto, K. 2013. "Parasitologi Medis (Medical Parasitology)." Bandung : Alfabeta.

Margono S., Tatang, R.S., Sansongko, A., Irawan H.S.J.Y., Subahar, R. 2006. "Result of a Control Program on Soil Transmittes Helminthiases in Primary School of East Jakarta Indonesia." Kuala Lumpur: Second International Congress of Parasitology and Tropical Madicine.

Natadisastra, D dan Agoes, R. 2009. "Parasitologi Kedokteran Ditinjau dari Organ Tubuh yang Diserang." Jakarta: EGC.

Shan XL, Jun PB, Xiang LJ, Ping JL, Hay YS, Jones J. 2000. "Creating health- promoting schools in rural China: A project started from deworming." Health Promotion Int.;15(3):197-206.

Yudhastuti, R. 2012. "Kebersihan Diri dan Sanitasi Rumah pada Anak Balita dengan Kecacingan." Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Indonesia.


Article Statistic

Abstract view : 712 times
PDF views : 153 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.