PENGGUNAAN CAKRAM GIZI SARAPAN PAGI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA | Wahyuningsih | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

PENGGUNAAN CAKRAM GIZI SARAPAN PAGI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA

Retno Wahyuningsih(1*), Joyeti Darni(2)
(1) Poltekkes Kemenkes Mataram
(2) Poltekkes Kemenkes Mataram
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v1i2.477

Abstract

Anak usia sekolah menjadi perhatian khusus, karena di usia ini anak sedang mengalami pertumbuhan yang pesat,
sehingga kebutuhan akan zat-zat gizi juga mengalami peningkatan. Sarapan pagi diperlukan untuk anak usia
sekolah, agar dapat meningkatkan fungsi kognitif dan prestasi belajar anak. Tujuan kegiatan adalah untuk
meningkatkan pengetahuan anak sekolah melalui penyuluhan tentang sarapan pagi. Metode yang digunakan
adalah penyuluhan (pemaparan melalui ceramah secara langsung) dengan media cakram gizi sarapan pagi dan
pengisian kuesioner pre-post test untuk mengetahui keberhasilan penyuluhan yang dilakukan. Didapatkan hasil
rata-rata pengetahuan sebelum penyuluhan dengan skor benar >80% adalah sebanyak 87,5%, dan setelah
penyuluhan skor benar >80% adalah sebanyak 97,5%. Rata-rata skor pengetahuan sebelum penyuluhan termasuk
dalam kategori baik (nilai >80) sebanyak 87,5%, dan pengetahuan sedang sebanyak 12,5%. Setelah penyuluhan
didapatkan skor pengetahuan baik sebanyak 97,5% dan sedang sebanyak 2,5%. Kesimpulannya terdapat
peningkatan pengetahuan sesudah diberikan penyuluhan tentang Sarapan pagi.

Keywords


Cakram Gizi;Edukasi;Sarapan;Siswa

References


lmatsier, Sunita. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi.

Jakarta : Gramedia.

Arisman, 2010. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta :

EGC.

Atmarita dan Fallah, 2004. Analisis Situasi Gizi dan

Kesehatan Masyarakat, dalam Widyakarya

Nasional Pangan dan Gizi VIII, LIPI, Jakarta.

Hardinsyah, Aries, M. (2012). Jurnal Gizi dan

Pangan, 7(2), 89-96. Diakses dari

http://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/artic

le/view/12370/9455

Kahn R.F. 2006. Continuing Medical Education in

Nutrition. American Journal of Clinical Nutrition.

April. Vol. 83. No. 4. 981S-984S.


Article Statistic

Abstract view : 437 times
PDF views : 281 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.