OPTIMALISASI “BU.PUR” SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT DEGENERATIF PADA LANSIA DI DUSUN KARANG BAYAN BARAT DESA KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR LOMBOK BARAT | Jiwantoro | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

OPTIMALISASI “BU.PUR” SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT DEGENERATIF PADA LANSIA DI DUSUN KARANG BAYAN BARAT DESA KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR LOMBOK BARAT

Yudha Anggit Jiwantoro(1*)
(1) Poltekkes Kemenkes Mataram
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v1i1.368

Abstract

Menua atau menjadi tua adalah suatu keadaan yang terjadi dalam siklus kehidupan seorang manusia. Keluhan kesehatan lansia yang paling tinggi adalah keluhan yang merupakan efek dari penyakit kronis seperti asam urat, darah tinggi, rematik, darah rendah dan diabetes. Pemanfaatan herbal untuk pemeliharaan kesehatan dan gangguan penyakit hingga saat ini sangat dibutuhkan dan perlu dikembangkan, terutama dengan melonjaknya biaya pengobatan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengobatan penyakit degeneratif melalui bumbu dapur yang murah, mudah didapat dan mudah diolah oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah pelaksanaan edukasi dan demonstrasi olahan bumbu dapur. Hasil kegiatan ini tim pelaksana memberikan edukasi tentang pemanfaatan tanaman obat, dilanjutkan dengan demonstrasi cara mengolah tanaman herbal dan diakhiri dengan pemantauan pemanfaatan lahan. Kesimpulan kegiatan ini menunjukkan warga masyarakat memiliki pengetahuan masih rendah mengenai pemanfaatan bumbu dapur untuk kesehatannya, sehingga perlu pendampingan dari berbagai pihak.

Keywords


bumbu dapur;penyakit degeneratif

Article Statistic

Abstract view : 600 times
PDF views : 135 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.