PELATIHAN MANAJEMEN PERALATAN DAN ASISTENSI TINDAKAN BEDAH OBSTETRI GINELOKOGI DI LABORATORIUM UNIVERSITAS KARYA HUSADA SEMARANG | Pujiyanto | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

PELATIHAN MANAJEMEN PERALATAN DAN ASISTENSI TINDAKAN BEDAH OBSTETRI GINELOKOGI DI LABORATORIUM UNIVERSITAS KARYA HUSADA SEMARANG

Tri Ismu Pujiyanto(1*), Durrotun Munafiah(2), M. Jamaluddin(3), Rizqitha Rizqitha(4), Sa’adah Mujahidah(5)
(1) Universitas Karya Husada Semarang
(2) Universitas Karya Husada Semarang
(3) Universitas Karya Husada Semarang
(4) Universitas Karya Husada Semarang
(5) Universitas Karya Husada Semarang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v4i1.1055

Abstract

Manajemen yang kompeten sangat penting untuk memberikan kualitas layanan laboratorium namun, hanya sedikit manajer laboratorium yang menerima pelatihan khusus pekerjaan di manajemen organisasi dan kepemimpinan. Laboratorium memerlukan pengelolaan yang terstandarisasi baik dalam hal pengelola maupun ketersediaan peralatan. Kegiatan ini untuk memberi pembekalan dan pemahaman tentang tata pengelolaan peralatan di laboratorium dan sistem pemantauan kinerja alat ukurnya, guna mendukung implementasi sistem mutunya. Pelatihan ini menggunakan pembelajaran campuran yaitu penyampaian materi secara daring dan ketrampilan simulasi secara luring. Dampak program dievaluasi melalui serangkaian penilaian sebelum dan sesudah laboratorium menggunakan ceklis proses perbaikan laboratorium bertahap menuju akreditasi, serta asesmen kompetensi peserta didik dengan kuis dan diskusi. Umpan balik dari peserta menunjukkan baik secara luring maupun daring, menunjukkan respon positif peserta terhadap kualitas kegiatan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan memberikan manfaat bagi peserta, khususnya dalam bidang pengelolaan laboratorium. Peserta sangat setuju bahwa pembelajaran ini mampu meningkatkan operasi laboratorium yang nantinya dapat berkontribusi pada sistem manajemen laboratorium. Program ini mengajarkan teori kepemimpinan kepada pengelola laboratorium dan dosen Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Karya Husada Semarang, diperbolehkan mereka untuk menerapkan praktik manajemen di lingkungan laboratorium. Program seperti ini melengkapi program pelatihan manajemen mutu laboratorium yang sudah ada tersebut sebagai penguatan manajemen laboratorium menuju akreditasi.

Keywords


Pengelolaan; Pemantauan; Laboratorium

References


Anti Damayanti, Isma Kurniatanty, 2008, Manajemen&Teknik Laboratorium, Yogyakarta: Prodi Biologi, Fakultas Sainteks, Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga, h. 2.

Bahruddin, Maswatidan Aziz, Fitria. 2013. Modul Manajemen Laboratorium. Makasar: Jurusan Kimia UIN Alauddin.

Decaprio, Richard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta : DIVA Press.

Jamaludin, dkk. 2017. Modul Pelatihan Manajemen Laboratorium. Makasar: Universitas Negeri Makasar

Harsono. 2005. Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta :Universitas Gajah Mada.

Kurniawati, Yati. 2017. Panduan Pengelolaan Dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. FMIPA: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hitchcock, S., Carr, L. dan Hall, W., 1996, A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Strom, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html,diakses 12 juni 1996).


Article Statistic

Abstract view : 148 times
PDF views : 62 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.