Study Deskriptif Aktualisasi Diri Mahasiswa dalam Penggunaan Metode PBL (Problem Based Learning) dengan Seven Jump pada Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang
DOI:
https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.491Keywords:
Aktualisasi diri, Problem Based Learning, Seven JumpAbstract
PBL (Problem Based Learning) yaitu mahasiswa menganalisis sebuah masalah dan informasi yang baru dengan adanya bukti ilmiah. Metode pembelajaran dengan menggunakan metode seven jump dapat digunakan mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam mengembangkan aktualisasi diri yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah. Tujuan penelitian ini mengetahui gambaran aktualisasi diri mahasiswa dalam penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dengan seven jump di Prodi S1 Keperawatan FIK UNISSULA Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 207 responden. Hasil penelitian diperoleh dari 207 responden, sebanyak 26 responden (12,6%) mempunyai aktualisasi diri tinggi, 101 responden (48,8%) ,mempunyai aktualisasi diri sedang, 69 responden (33,3%) yaitu mendekati aktualisasi diri dan 11 responden (5,3%) mempunyai aktualisasi diri rendah. Penelitian ini didapatkan bahwa gambaran aktualisasi diri mahasiswa dalam penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dengan seven jump di S1 Keperawatan FIK UNISSULA Semarang terbanyak yaitu kategori sedang.
References
Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Editor. Jakarta: EGC.
Azhar Noor, M. S. (2014). Hubungan kepercayaan diri dengan aktualisasi diri pada mahasiswa yang aktif berorganisasi di sekolah tinggi ilmu kesehatan muhammadiyah banjarmasin. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin. https://id.scribd.com/doc/241748383/ hubungan-kepercayaan-diri-dengan-aktualisasi-diri-pada-mahasiswa-yang-aktif-berorganisasi-di-sekolah-tinggi-Ilmu-Kesehatan-Muhammadiyah-Banjarmasin-pdf. Di unduh 10 Januari 2020.
Juliandi, R. (2017). Hubungan konsep diri dengan aktualisasi diri pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan universitas tanjungpura pontianak angkatan 2013 dan 2014. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. Di unduh 08 Januari 2020.
Ningsih, R. (2017). Hubungan peran tutor dengan aktualisasi diri mahasiswa keperawatan dalam proses tutorial (seven jumps) pada prodi ilmu keperawatan di fakultas kesehatan dan mipa universitas muhammadiyah sumatera barat tahun 2016. Menara Ilmu, XI(77), 18–24. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/289. Di unduh 14 April 2019.
Ningsih, R., & Fidora, I. (2018). Peningkatan peran tutor dengan aktualisasi diri mahasiswa keperawatan dalam proses tutorial (seven jumps) pada prodi ilmu keperawatan di fakultas kesehatan dan mipa universitas muhammadiyah sumatera. Menara Ilmu, XII(9), 193–203. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1061. Di unduh 20 Mei 2019.
Pajouhandeh, E. (2013). Personal development and self-actualization of students the new environment. International Journal of Research In Social Sciences, 2(1), 21–26. https://doi.org/http://pdfs.semanticscholar.org/031f/c3ac8c56 cb2f0e8a89f8fa90f720d17d.pdf. Di unduh 09 September 2019.
Putra, L. P. (2015). Pengaruh aktualisasi diri dan dukungan sosial terhadap ketakutan akan sukses pada wanita karir. Jurnal Motiva, 22–27. https://doi.org/http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MV/article/view/3493. Di unduh 09 September 2019.
Sastroasmoro, S. (2011). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis (4th ed.). Jakarta: Sagung Seto.
Susanti, P. F. E., Lisiswanti, R., Soleha, T. U., Saputra, O., & Okyafany. (2017). Hubungan Kualitas Skenario Terhadap Keefektifan Diskusi Problem- Based Learning ( PBL ) Blok Emergency Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medulla, 7(4), 157–163. http://juke.kedokteran. unila.ac.id/index.php/medula/article/view/1768. Di unduh 02 Mei 2019.
Syarif, H., & Kamil, H. (2013). Perbandingan Efektifitas Metode Seven Jumps Dengan Metode Interactive Skill Station ( Iss ) Pada Mahasiswa Psik Fk Unsyiah The Comparison Of Effectivity The Seven Jumps Method And Interactive Skill Station Among Nursing Students At School Of Nursing , Syi. Idea Nursing Journal, IV(2), 19–25. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/1560. di unduh 10 Mei 2019.
Wahyuningsih, I. S. (2018). eksplorasi evaluasi metode problem based learning melalui pendekatan seven jump method pada mahasiswa keperawatan. Wacana Kesehatan, 3(2), 334–340. http://jurnal.akperdharmawacana.ac.id/ index.php/wacana/article/view/80/46. Di unduh 02 Juni 2019.
Downloads
Additional Files
- STUDY DESKRIPTIF AKTUALISASI DIRI MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN SEVEN JUMP PADA PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
- STUDY DESKRIPTIF AKTUALISASI DIRI MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN SEVEN JUMP PADA PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author who submits the manuscript does so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram as the publisher of the journal.
Copyright includes the exclusive right to reproduce and transmit this article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, as well as its translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database and its transmissions by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. shall be permitted only by written permission of the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram.
The Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram, Editor In Chief and Team Editor strive to ensure that no data or statements are false or misleading, published or published. in the journal.
Â
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by the "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â