Penggunaan Game Online dalam Menurunkan Kuantitas Tidur Remaja di SMPN 2 Lingsar Kecamatan Lingsar Lombok Barat

Sitti Rusdianah Jafar, Heru Widiyatma, Akmad Fathoni, Mardiatun Mardiatun, Aan Dwi Setana, Arismansyah Arismansyah

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi sangat bermanfaat dalam proses belajar mengajar. Ponsel sebagai salah satu bentuk teknologi informasi telah tersebar luas. Umumnya remaja menggunakan telepon seluler bukan untuk keperluan belajar melainkan lebih banyak digunakan untuk bermain game. Permainan Pengguna Online Akan Menyita Waktunya Sehingga Kebutuhan Istirahatnya Berkurang, Hal Ini Akan Memperburuk Kuantitas Menulisnya. Remaja memerlukan kuantitas tidur siang dan malam yang berkisar antara 7-8 jam. Jika kuantitas tidur tidak mencukupi, maka tubuh akan mengalami berbagai kondisi fisiologis dan fisiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan game online terhadap penurunan kualitas tidur remaja di SMPN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaming.

Keywords


Game Online; Kuantitas Tidur; Remaja

Full Text:

PDF

References


Afriani, A. E., Margawati, A., & Dieny, F. F. (2019). Tingkat stres, durasi dan kualitas tidur, serta sindrom makan malam pada mahasiswi obesitas dan non obesitas fakultas kedokteran. Sport and Nutrition Journal, 1(2), 63–73.

Aji, C. . (2020). Berburu Rupiah dengan Game Online.

Ayu, L., & Saragih, S. (2016). Interaksi sosial dan konsep diri dengan kecanduan games online pada dewasa awal. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02).

Chiesa, S. A. (2021). Hubungan antara Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa yang Bermain Game Online X di Kota Padang. Socio Humanus, 3(1), 1–11.

Damaiyanti, S., Pratama, E. R., & Putri, A. R. D. (2023). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Kuantitas Tidur Pada Remaja di SMPN 6 Bukit Tinggi. 7, 13–19.

FARRA, M. Al. (2022). Perbedaan Intensitas Penggunaan Media Sosial, Durasi Tidur dan Tingkat Konsumsi Natrium Makanan Korea Instan pada Penggemar Kpop dan Non-Kpop (Studi pada Kelompok Dewasa Awal Usia 18-34 Tahun). Universitas Jenderal Soedirman.

irana Nandhito Indra Putra, F. S. S. A. P. N. (2020). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Siswa. 4.

Irawan, S., & Siska W., Di. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1), 9–19.

Julia, P. (2018). Hubungan antara Kecanduan Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 6(1), 49–57.

Mais, F. R., Rompas, S. S. J., & Gannika, L. (2020). Kecanduan Game Online Dengan Insomnia Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 8(2), 18. https://doi.org/10.35790/jkp.v8i2.32318

Mandala, M. A. B. S. (2022). HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GADGET DENGAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA DI SMP NEGERI 41 PALEMBANG TAHUN 2022. STIK Bina Husada Palembang.

Normala, R., & Azlini, C. (2018). The Relationship Between Playing Online Games and its Impact on Human Sleep Patterns among Youth in Malaysia. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 2(12), 347–351.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan (pertama).

Priyanto, A., Masrofin, }, Ganesha, S., & Kediri, H. (2015). Hubungan Kuantitas Bermain Game Elektronik dengan Kualitas Tidur Anak Usia 10-12 Tahun. Jukia.Medikawiyata.Ac.Id, 1(1), 27–42.

Ranasinghe, A. N., Gayathri, R., & Vishnu Priya, V. (2018). Awareness of effects of sleep deprivation among college students. Drug Invention Today, 10(9).

Sahin, S., Ozdemir, K., Unsal, A., & Temiz, N. (2013). Evaluation of mobile phone addiction level and sleep quality in university students. Pakistan Journal of Medical Sciences, 29(4), 913.




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v5i1.1263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.