Hubungan Persepsi tentang Cyberbullying dan Tipe Kepribadian Remaja terhadap Perilaku Cyberbullying
DOI:
https://doi.org/10.32807/bnj.v6i1.1257Keywords:
Perception, Personality Type, Cyberbullying BehaviorAbstract
Cyberbullying merupakan perilaku agresif untuk menyakiti/menakuti melalui media sosial (Dewi et al., 2020) . Guru BK di SMP Laboratorium YDWP UNESA Surabaya mengatakan adanya perilaku Cyberbullying yang terkadang terjadi secara tidak sengaja yang dilakukan oleh para murid. Tujuan dari peneltian ini untuk menganalisis Hubungan Persepsi Tentang Cyberbullying dan Tipe Kepribadian Remaja Terhadap Perilaku Cyberbullying di SMP Laboratorium YDWP UNESA Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah murid di SMP Laboratorium YDWP UNESA Surabaya sebanyak 103 responden dengan teknik simple random sampling dengan instrument yang digunakan adalah kuisoner persepsi remaja tentang Cyberbullying, tipe kepribadian dan perilaku Cyberbullying. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan persepsi remaja tentang Cyberbullying dengan perilaku Cyberbullying, sebanyak 38 responden (60,3%) memiliki persepsi positif dengan perilaku cyberbulliying sedang Ï=0,003(Ï < 0,05), dan juga adanya hubungan tipe kepribadian remaja dengan perilaku Cyberbullying, sebanyak 43 responden (65,2%) memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan perilaku Cyberbullying sedang Ï = 0,022 (Ï < 0,05).  Sekolah dapat mendatangkan psikolog untuk melakukan konseling rutin agar membantu murid yang pernah menjadi korban dan mencegah murid lainnya agar terhindar dari perilaku Cyberbullying
References
Agustina, F. (2019). Analisis Perilaku Cyberbullying di Media Sosial dan Upaya Penanggulangannya.
Christin Saragih, D., Dwi Windarwati, H., & Merdikawati, A. (2020). Apakah Tipe Kepribadian Berhubungan Dengan Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja? Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 307–318.
Cuadrado-Gordillo, I., & Fernández-Antelo, I. (2019). Analysis of moral disengagement as a modulating factor in adolescents’ perception of cyberbullying. Frontiers in Psychology, 10(MAY), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01222
Dede. (2015). Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Dewi, H. A., Suryani, & Sriati, A. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Cyberbullying Pada Remaja: A Systematic Review. Journal of Nursing Care, 3(2), 128–141. http://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/24477
Direktorat, P. W. (n.d.). Remaja SMP Rentan Terhadap Perundungan Siber. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/remaja-smp-rentan-terhadap-perundungan-siber/
Disa, M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat. 1–11.
Fajriani, S. W., Sekarningrum, B., & Sulaeman, M. (2021). Cyberspace: Dampak Penyimpangan Perilaku Komunikasi Remaja Cyberspace: The Impact of Adolescent Communication Behavior Deviation. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 23(1), 63–78. http://dx.doi.org/10.33169/iptekkom.23.1.2021.63-78
Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, H. M. A. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83.
Joseph, J. (2021). Cyberbullying Environments 2021. In Cyberbullying Environments 2021 (p. 1). https://www.statista.com/statistics/333977/online-harassment-environments/
Li, Q. (2010). Cyberbullying in high schools: A study of students’ behaviors and beliefs about this new phenomenon. Journal of Aggression, Maltreatment and Trauma, 19(4), 372–392. https://doi.org/10.1080/10926771003788979
Sitinjak, C., & Hurriyati, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Syah, R., & Hermawati, I. (2018). The Prevention Efforts on Cyberbullying Case for Indonesian Adolescent Social Media Users. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(2), 131–146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author who submits the manuscript does so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram as the publisher of the journal.
Copyright includes the exclusive right to reproduce and transmit this article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, as well as its translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database and its transmissions by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. shall be permitted only by written permission of the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram.
The Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram, Editor In Chief and Team Editor strive to ensure that no data or statements are false or misleading, published or published. in the journal.
Â
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by the "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â