Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat : Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.32807/bnj.v4i2.1214Keywords:
Respon Time, Kepuasan pasienAbstract
Masalah yang di temui yaitu sebagian besar perawat yang ada di instalasi gawat darurat belum tanggap dalam pelayanan keperawatan sehingga pasien merasa tidak puas dengan pelayanan yang di berikan perawat Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Response Time perawat terhadap kepuasan pasien. Metode Penelitian literature review pencarian jurnal berbasis nasional dan internasional pada tiga database yaitu Scient direct, PUBMED, dan Google Schoolar. Dengan ketentuan jurnal yang dicari yaitu sejak tahun 2012-2020 dari sebanyak jurnal yang di analisis peneliti mendapatkan 8 jurnal sesuai dengan kata kunci penelitian. Hasil penelitian dari beberapa artikel bahwa sebagian besar perawat memiliki respon time lambat 5-10 menit. Kesimpulan jika Respon time perawat dalam menagani pasien di instalasi gawat darurat rata-rata kurang dari 5 menit atau pelayanan secara cepat dan tepat maka kepuasan pasien akan terpenuhi.References
Afandi’, A., Wahyuni, L., Haryanto, A., & Sehat, k. G. D. S. B. Hubungan response time perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pada penanganan pasien triage kuning di rsud wahidin sudirohusodo kota mojokerto.ani septiani (2016)
Hammad, Muhtar, Syaiful, & Kurniadi. (2022). Perubahan Frekuensi Nafas dan Suhu Tubuh Pasien Ketika Terjadi Serangan Asma. 4(1), 17–23.
Laoh, J. M., & Rako, K. (2014). Gambaran Pengetahuan Perawat Pelaksana Dalam Penanganan Pasien Gawat Darurat Di Ruangan IGDM BLU RSUP. Prof. Dr. R. D Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 3(2), 43-50.
Muhtar, M., Aniharyati, A., & Ahmad, A. (2020). Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien pada Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Bima. Bima Nursing Journal, 2(1), 55–61.
Patricia Newcomb et al (2017) Memengaruhi kepuasan pasien di antara pasien yang sering menggunakan Gawat Darurat
Rifai, A., & Jamaluddin, J. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit TNI AD Tk Iv 02.07. 04 Bandar Lampung Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(03), 78-88
Septiani, A. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sumedang. Coopetition, 7(1), 1.
Setiawan, H., Yuniarti, S., & Wuryaningsih, s. H. (2019). Hubungan beban kerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan the relationship of nurse workload with level of client satisfaction toward nursing care.
Tambengi, H., Mulyadi, N., & Kallo, V. (2017). Hubungan Waktu Tunggu dengan Kecemasan Pasien di Unit Gawat Darurat RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1).
Virgo, G. (2018). Hubungan response time pelayanan instalasi gawat darurat (igd) dengan tingkat kepuasan pasien di rsud bangkinang tahun 2018. Jurnal Ners, 2(1), 72-85
Wilde, E. T. 2009. Do Emergency Medical System Response Times Matter for Health Outcomes?.New York: Columbia Universitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author who submits the manuscript does so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram as the publisher of the journal.
Copyright includes the exclusive right to reproduce and transmit this article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, as well as its translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database and its transmissions by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. shall be permitted only by written permission of the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram.
The Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram, Editor In Chief and Team Editor strive to ensure that no data or statements are false or misleading, published or published. in the journal.
Â
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by the "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â