OPTIMALISASI PERAN DOKTER CILIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA

Authors

  • Esitra Herfanda Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Evi Wahyuntari Universitas Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32807/jpms.v2i2.772

Keywords:

Pelatihan, Dokter Kecil, PHBS

Abstract

Program Dokter Kecil merupakan upaya pendekatan edukatif dalam rangka mewujudkan perilaku sehat diantaranya perilaku kebersihan perorangan, dimana anak didik dilibataktifkan sebagai pelaksananya. Dokter Kecil merupakan kegiatan yang mana melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Oleh karena itu peran dan pelaksana program dokter kecil sangat penting karena dengan adanya program dokter kecil ini kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi lebih hidup dan partisipasi peserta didik dalam peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) lebih meningkat

References

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Survei Demografi Kesehatan Indonesia tahun 2017 Buku Remaja. Jakarta : Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Cornavirus Disease (COVID-19). Jakarta, 2020

Dewi, A. . A. K. (2017) ‘Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Penerapan Personal Hygiene Penjamah Makakan di Pasar Senggol Tabanan tahun 2017’, pp. 1– 57

Kementerian Kesehatan RI (2011) Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta. doi: 978-602-9364-45-3

Pasanda, A. (2015) ‘Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan Sesudah Diberikan Penyuluhan Personal Hygiene di Hotel Patra Jasa Semarang’

Downloads

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles