PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI “ISI PIRING AMBO” SEBAGAI UPAYA PENERAPAN GIZI SEIMBANG

Betty Yosephin Simanjuntak, Anang Wahyudi

Abstract


Remaja adalah anak yang berusia 10-19 tahun. Pada masa ini individu mengalami perkembangan
psikologi dan pola identifikasi dari anak-anak menjadi dewasa. Perubahan tersebut
mempengaruhi kebutuhan gizi dan makanan terhadap masing-masing individu. Isi piringku
menggambarkan tentang makanan SEHAT dengan pedoman gizi seimbang. Perkembangan
media teknologi informasi dan komunikasi pada era sekarang ini menunjukan betapa
semakin banyak media komunikasi yang beredar dalam masyarakat. Oleh karena itu edukasi ini
dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan dalam
pengabdian masyarakat adalah pelaksanaan edukasi dengan ceramah, diskusi, dan Tanya jawab.
Hasil dari kegiatan pengabmas ini adalah pengukuran pretest dan postest menunjukkan
peningkatan rerata skor pengetahuan siswa/siswi yang dilanjutkan dengan memonitoring
perkembangan transfer pengetahuan dari siswa/siswi yang telah mendapat pendidikan gizi
kepada siswa sebaya mengenai pengetahuan gizi seimbang isi piringku dengan aplikasi
smartphone. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan siswa/siswi mengalami peningkatan
pengetahuan mengenai isi piringku dengan aplikasi “Isi Piring Ambo”.


Keywords


Pengetahuan;Isi Piring Ambo

Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Wirjatmadi, B. 2013.

Peranan Gizi Dalam Siklus

Kehidupan. Jakarta : Kencana Prenada

Media Group.

Almatsier, S. 2001. Prinsip Dasar Ilmu

Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Lusa. 2009. Gizi Seimbang pada Remaja

dan Dewasa. Jakarta: Salemba

Medika.

I.G Pratiwi, D.A Restanty.2017. Penerapan

Aplikasi Berbasis Android" Status Gizi

Balita" terhadap Pengetahuan Ibu dalam

Pemantauan Status Gizi Anak Usia 12-

Tahun: Jurnal Kebidanan Akademi

Kebidanan Jember. 2(1) PP 8-14




DOI: https://doi.org/10.32807/jpms.v1i2.485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.