Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang | Indrayani | Jurnal Kesehatan Prima

Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang

Diyan Indrayani(1*), Titi Legiati(2), Desi Hidayanti(3)
(1) 
(2) Politeknik Kesehatan Bandung
(3) Politeknik Kesehatan Bandung
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jkp.v13i2.240

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelas ibu balita terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu tentang stimulasi tumbuh kembang bayi balita. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan teknik pre post test design. Populasi penelitian adalah semua ibu yang mempunyai balita di Kelurahan Pasir Kaliki Kota Cimahi Jawa Barat. Sampel adalah ibu yang mempunyai anak usia 0-5 tahun dengan kriteria inklusi yang sudah ditetapkan sebanyak 34 responden. Data yang didapatkan adalah data primer hasil penilaian kuesioner tentang  pengetahuan dan lembar observasi untuk menilai keterampilan ibu dalam stimulasi perkembangan balita. Uji-T berpasangan digunakan untuk menganalisis pengaruh kelas ibu balita terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam stimulasi tumbuh kembang balita.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas ibu balita berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam stimulasi tumbuh kembang balita dengan nilai p < 0,05. Responden yang mengikuti kelas ibu mengalami peningkatan pengetahuan sebesar 15,8 % dibandingkan dengan sebelum mengikuti kelas ibu balita, sedangkan peningkatan keterampilan sebesar 33,52%. Proses belajar dengan kelas ibu balita yang mengandalkan sumber belajar dari pengalaman peserta dan peran fasilitator dalam mengungkapkan pengalaman sebagai sumber belajar merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan pengetahun dan keterampilan

Keywords


Class of toddler mothers; Knowledge; Skill; Stimulation of growth and development

References


Chamidah 2009. Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, 5(2), 83-93., 5, 83-93.

Destiana, R., Yani, E. R. & Yanuarini, T. A. 2017. Kemampuan ibu melakukan stimulasi untuk perkembangan bayi usia 3-6 bulan di wilayah kerja puskesmas puhjarak. Jurnal ilmu kesehatan, 6, 56-65.

Gadsden, M. L., Ford, M., & Breiner, H. (eds.). 2016. Parenting matters: supporting parents of children ages 0-8. National academies press., washington, dc.

Jones, T L., & Prinz, R. J 2005. Potential roles of parental self-efficacy in parent and child adjustment: a review. . Clinical psychology review, 25, 341-363.

Kartikawati, S., Dzulfikar 2014. Pengaruh kelas ibu balita terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, ketrampilan ibu dalam merawat balita di wilayah kerja puskesmas sukarasa kota bandung. Ejournal.stikesbhaktikencana.

KemenkesRI 2015. Profil Kesehatan Indonesia 2013. Jakarta: Kemenkes RI.

Kholifah 2014. Perkembangan motorik kasar bayi melalui stimulasi ibu di kelurahan kemayoran surabaya. Sumber daya manusia kesehatan, 1, 106-112.

Lontaan, A., Kusmiyati, K. & Keintjem, F. Pengaruh pelatihan kelas ibu balita terhadap peningkatan pengetahuan orangtua tentang tumbuh kembang anak di puskesmas teling atas kota manado. Prosiding seminar nasional tahun 2018 ISBN: 2549-0931, 2018. 534-541.

Oktarina, M. 2015. The relationship among knowledge, attitude, and compliance of gravida (expectant mother) and the utilization of maternal and child health book at puskesmas geger and kedundung bangkalan east java year 2013. Buletin penelitian kesehatan, 353-358.

Pramusinta, B. 2003. Hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu usia remaja tentang stimulasi perkembangan dengan perkembangan motorikanaknyayang berusia di bawah dua tahun. Sains kesehatan, 16.

Prasida, D. W. & mayangsari, d. Pengaruh penyuluhan tentang kpsp terhadap pengetahuan guru di paud taman belia semarang. Prosiding seminar nasional & internasional, 2015.

KemenkesRI, K. K. 2009. Pegangan fasilitator kelas ibu balita, Jakarta, kemenkes RI

Singla, D. R., Kumbakumba, E. & Aboud, F. E. 2015. Effects of a parenting intervention to address maternal psychological wellbeing and child development and growth in rural uganda: a community-based, cluster-randomised trial. The lancet global health, 3, e458-e469.

Sukiarko,E. 2007. Pengaruh pelatihan dengan metode belajar berdasarkan masalah terhadap pengetahuan dan keterampilan kader gizi dalam kegiatan posyandu studi di kecamatan tempuran kabupaten magelang the effect of problem based training on knowledge and skills of nutrition cadres in posyandu activities a study in kecamatan tempuran kabupaten magelang. Program pascasarjana universitas diponegoro.

Supartini, Y. 2012. Buku ajar konsep keperawatan anak, jakarta Egc.

Tamis‐Lemonda, C. S., Shannon,J. & Spellmann, M. 2002. Low‐income adolescent mothers' knowledge about domains of child development. Infant mental health journal: official publication of the world association for infant mental health, 23, 88-103.

Yousafzai, A. K., Obradović, J., Rasheed, M. A., Rizvi, A., Portilla, X. A., Tirado-Strayer, N., ... & Memon, U. 2016. Effects of responsive stimulation and nutrition interventions on children's development and growth at age 4 years in a disadvantaged population in pakistan: a longitudinal follow-up of a cluster-randomised factorial effectiveness trial. The lancet global health,, 4, e548-e558.


Article Statistic

Abstract view : 65 times
PDF views : 39 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kesehatan Prima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.