Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Cyberbullying Selama Pandemi Covid-19

Erica Mauliana Puteri, Dwi Ernawati

Abstract


Pada masa pandemi membuat anak semakin aktif dalam menggunakan gadget dan sosial media untuk pembelajaran daring ataupun mengisi kebosanan sehingga anak dapat memiliki perilaku cyberbullying. Cyberbullying merupakan penyerangan terhadap seseorang secara online berupa hinaan, pengucilan hingga pencemaran nama baik di sosial media. Penyebabnya diawali dengan mencoba-coba hingga terbiasa karena kurangnya pengawasan orang tua. Tujuan:  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dengan perilaku cyberbullying pada anak sekolah selama SFH pada masa pandemi covid-19 di SDN Banyuates 1 Kabupaten Sampang. Metode : Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan populasi sebanyak 115 responden. Teknik sampel menggunakan cluster sampling sehingga didapatkan responden sebanyak 92 responden. Pola asuh orang tua diukur dengan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) dan kejadian cyberbullying diukur dengan kuisioner cyberbullying yang diadaptasi dari teori Willard (2007) dengan uji analisa fisher’s exact test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis (39,1%) dan sebagian besar anak memiliki perilaku cybebullying kategori sedang (54,3%). Uji analisis menunjukkan bahwa nilai nilai ρ = 0,000 (ρ<α=0,05) dengan r = 20,772 yaitu adanya hubungan pola asuh orang tua dengan  perilaku cyberbullying pada anak selama SFH pada masa pandemi covid-19 di SDN Banyuates 1 Kabupaten Sampang. Kesimpulan: Implikasi dari hasil penelitian diharapkan orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis agar dapat meminimalisir tingkat perilaku cyberbullying pada anak serta perlunya pemberian jadwal pemakaian gadget dan pengawasan secara langsung saat anak menggunakan gadget dan sosial media agar anak tetap berperilaku baik.

Keywords


Pola Asuh Orang Tua, Cyberbullying, Anak Usia Sekolah, Study From Home (SFH)

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Ahyani, Latifah Nur, dan R. D. A. (2018). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Akbar, E. F. R. (2015). Pengaruh Self Esteem Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa MAN 1 Tangerang.

Athanasiou, K., Melegkovits, E., Andrie, E. K., Magoulas, C., Tzavara, C. K., Richardson, C., … Tsitsika, A. K. (2018). Cross-national aspects of cyberbullying victimization among 14-17-year-old adolescents across seven European countries. BMC Public Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12889-0185682-4

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus D/Sease (Covid-19).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). KPAI Sebut Anak Korban Kejahatan Dunia Maya Capai 679 Kasus. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai- sebut-anak-korban-kejahatan-dunia-maya-capai-679-kasus.

Kowalski, R.M., Limber, S.P . & Agaston, P. W. (2014). Cyberbullying. Victoria: Blackweel Publishing.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pamulang. (2020). Dampak Kekerasan Anak Di Medsos Akibat Cyber Bullying . http://lppm.unpam.ac.id/2020/04/03/dampak-kekerasan-anak-di- medsos-akibat-cyber-bullying/

Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying Sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi.

Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh empati, self-control, dan self-esteem terhadap perilaku cyberbullying pada siswa sman 64 jakarta.

Suherman, R. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecanduan Gadget Pada Anak Prasekolah.

Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Susan Hillis, PhD, MSN, James Mercy, PhD, Adaugo Amobi, MD, MPH, and Howard Kress, P. (2016). Global Prevalence of Past-year Violence Against Children: A Systematic Review and Minimum Estimates. Official Journal of The American of Pediatrics.

Wahyuni, S. (2020). Pengantar Psikologi Perkembangan Anak. Medan: Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v4i1.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bima Nursing Journal