Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Cyberbullying Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32807/bnj.v4i1.944Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Cyberbullying, Anak Usia Sekolah, Study From Home (SFH)Abstract
Pada masa pandemi membuat anak semakin aktif dalam menggunakan gadget dan sosial media untuk pembelajaran daring ataupun mengisi kebosanan sehingga anak dapat memiliki perilaku cyberbullying. Cyberbullying merupakan penyerangan terhadap seseorang secara online berupa hinaan, pengucilan hingga pencemaran nama baik di sosial media. Penyebabnya diawali dengan mencoba-coba hingga terbiasa karena kurangnya pengawasan orang tua. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dengan perilaku cyberbullying pada anak sekolah selama SFH pada masa pandemi covid-19 di SDN Banyuates 1 Kabupaten Sampang. Metode : Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan populasi sebanyak 115 responden. Teknik sampel menggunakan cluster sampling sehingga didapatkan responden sebanyak 92 responden. Pola asuh orang tua diukur dengan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) dan kejadian cyberbullying diukur dengan kuisioner cyberbullying yang diadaptasi dari teori Willard (2007) dengan uji analisa fisher’s exact test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis (39,1%) dan sebagian besar anak memiliki perilaku cybebullying kategori sedang (54,3%). Uji analisis menunjukkan bahwa nilai nilai Ï = 0,000 (Ï<α=0,05) dengan r = 20,772 yaitu adanya hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku cyberbullying pada anak selama SFH pada masa pandemi covid-19 di SDN Banyuates 1 Kabupaten Sampang. Kesimpulan: Implikasi dari hasil penelitian diharapkan orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis agar dapat meminimalisir tingkat perilaku cyberbullying pada anak serta perlunya pemberian jadwal pemakaian gadget dan pengawasan secara langsung saat anak menggunakan gadget dan sosial media agar anak tetap berperilaku baik.References
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.
Ahyani, Latifah Nur, dan R. D. A. (2018). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Akbar, E. F. R. (2015). Pengaruh Self Esteem Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa MAN 1 Tangerang.
Athanasiou, K., Melegkovits, E., Andrie, E. K., Magoulas, C., Tzavara, C. K., Richardson, C., … Tsitsika, A. K. (2018). Cross-national aspects of cyberbullying victimization among 14-17-year-old adolescents across seven European countries. BMC Public Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12889-0185682-4
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus D/Sease (Covid-19).
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). KPAI Sebut Anak Korban Kejahatan Dunia Maya Capai 679 Kasus. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai- sebut-anak-korban-kejahatan-dunia-maya-capai-679-kasus.
Kowalski, R.M., Limber, S.P . & Agaston, P. W. (2014). Cyberbullying. Victoria: Blackweel Publishing.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pamulang. (2020). Dampak Kekerasan Anak Di Medsos Akibat Cyber Bullying . http://lppm.unpam.ac.id/2020/04/03/dampak-kekerasan-anak-di- medsos-akibat-cyber-bullying/
Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying Sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi.
Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh empati, self-control, dan self-esteem terhadap perilaku cyberbullying pada siswa sman 64 jakarta.
Suherman, R. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecanduan Gadget Pada Anak Prasekolah.
Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Susan Hillis, PhD, MSN, James Mercy, PhD, Adaugo Amobi, MD, MPH, and Howard Kress, P. (2016). Global Prevalence of Past-year Violence Against Children: A Systematic Review and Minimum Estimates. Official Journal of The American of Pediatrics.
Wahyuni, S. (2020). Pengantar Psikologi Perkembangan Anak. Medan: Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author who submits the manuscript does so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram as the publisher of the journal.
Copyright includes the exclusive right to reproduce and transmit this article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, as well as its translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database and its transmissions by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. shall be permitted only by written permission of the Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram.
The Bima Nursing Journal Unit Research and Community of Polytechnic of Mataram, Editor In Chief and Team Editor strive to ensure that no data or statements are false or misleading, published or published. in the journal.
Â
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by the "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â
						
							


