Pengaruh Fisioterapi Dada terhadap Perubahan Respirasi Rate Pada Pasien Asma di Rumah Sakit Patut Patuh Patju Nusa Tenggara Barat

Jubair Jubair, Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Kurniadi Kurniadi

Abstract


Asma adalah suatu kondisi dimana obstruksi jalan nafas yang reversibel ditandai dengan batuk, dipsnea, pada individu dengan saluran nafas yang hiperaktif. Asma telah menyerang lebih dari 5% populasi dunia, dan beberapa indikator menunjukkan bahwa prevalensinya terus meningkat. Secara garis besar penatalaksanaan asma bronkial dibedakan menjadi 2 yaitu farmakologis dan non farmakologis. Salah satu penatalaksanaan non farmakologis pada penderita asma adalah pemberian fisioterapi dada yang dilakukan dengan drainase postural, tepuk, dan getaran. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan efisiensi pola pernapasan dan pembersihan saluran napas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Experimental dengan rancangan Randomized Pre Post Test Group Control Design. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Teknik Probability sampling dengan metode alokasi random sampling digunakan untuk mendapatkan 30 responden yang terbagi dalam 2 kelompok. Uji Independent menunjukkan p value 0,001 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan fisioterapi dada terhadap respiration rate (RR) antara kelompok intervensi dan kontrol. Hasil penelitian setelah diberikan intervensi meningkatkan angka respirasi (RR) pasien yang mendapat fisioterapi dada, sehingga terapi efektif diterapkan pada pasien asma, terutama yang memiliki asma

Keywords


Fisioterapi Dada; Respirasi Rate; Asma

Full Text:

PDF

References


Rudolph. Buku Ajar Pediatrik. Jakarta Egc, 2008.

Lee Jm. Segi Praktis Fisioterapi Edisi Ke-2. Dalam: Aksara. Tempat tidur.). Jakarta: 1990.

Litbangkes. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit Asma Pada Usia> 10 Tahun Di Indonesia. Jurnal Respiratorik Indonesia. 30, 2010.

Organisasi Kesehatan Dunia. Penyakit Pernafasan Kronis. Diperoleh Dari: Http: // Wwwwhoint / Respiratory / Asma / Definition / En /. 2016.

Jaringan Asma Global. Laporan Asma Global. Laporan Diperoleh Dari Wwwglobalasthmareportorg // Global_Asthma_Report. 2014.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Tahun 2018. Diakses Dari Website:Http: // Wwwdepkesgoid / Resources / Download / General / Hasil% 20riskesdas% 202018pdf. 2018.

Rekamedik Rumah Sakit Patut Patuh Patju. Nusa Tenggara Barat. 2017.

Danusantoso H.Buku Saku Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta 2011.

Rengganis I. Diagnosis Dan Tatalaksana Asma Bronkiale. Wwwindonesiadigitaljournalisorg. 2008.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia P. Pedoman Diagnosis & Penatalaksanaan Asma Di Indonesia. Tersedia Dari: Https: // Wwwscribdcom / Doc / 93226488 / Pedoman-Diagnosis-Dan-Tatalaksana-Asma Konsensus # Download. 2006.

Hidayat A. Buku Saku Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Buku Kedokteran Egc., 2009. [12]. Potter Pap, AG 2005. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Proses Dan Praktik Edisi Ke-4 Jakarta: Egc

Maidartati. Pengaruh Fisioterapi Dada Terhadap Bersihan Jalan Nafas Pada Anak Usia 1-5 Tahun Yang Mengallami Gangguan Bersihan Jalan Nafas Di Puskesmas Moch. Ramadhan Bandung Tahun 2014. Jurnal Ilmu Keperawatan. 1 (1), 2017.

Fitriananda E. Pengaruh Fisioterapi Dada Terhadap Penurunan Frekuensi Batuk Pada Balita Dengan Bronkitir Akut Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta. Jurnal Fisioterapi Dada Surakarta. 2017.

Antonio Dkk: Efektifitas Fisioterapi Dada Untuk Mengurangi Rawat Inap Dan Panjang Ventilasi Mekanik Rawat Inap Piramiipjrmp, 68.

Johnson De. Model Sistem Perilaku Ahli Teori Keperawatan. Maryland Heights, Missouri 63403: Mosby Elsevier., 2010.




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v2i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bima Nursing Journal