Abstract
Pengembangan didefinisikan sebagai peningkatan fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui tubuh, kematangan, dan pembelajaran. Anak-anak tidak digambarkan oleh publik sebagai parasit, pasif, yang selalu menerima dan tidak pernah memberi, jadi ada kebutuhan untuk pengembangan termasuk pengembangan bahasa yang akan menentukan arah perkembangan selanjutnya dalam kehidupan anak-anak. Masalahnya adalah bagaimana hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan bahasa anak dengan perilaku penanganan. Manfaat penelitian bagi masyarakat adalah dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang perilaku penanganan perkembangan bahasa anak usia 1-4 tahun, terutama tentang hubungan pengetahuan ibu tentang perkembangan bahasa anak dengan perilaku bahasa perkembangan anak Usia 1 - 4 Tahun. Sampel diambil dari ibu yang memiliki anak 1 - 4 tahun di Desa Kalampa Kecamatan Woha. Data dianalisis dan disimpulkan dengan menggunakan uji statistik Spearman rho dan menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang bahasa anak dengan perilaku dalam menangani perkembangan bahasa anak dengan p = 0,025 dari standar tingkat makna α = 0,05
Keywords
Pengetahuan perkembangan bahasa; Penanganan perkembangan bahasa
References
Burns and Grove’s, 2016; Practice of Nursing Research edisi 8. Elsevier.
Dwi Sulistyo Cahyaningsih, S.Kp. 2014; Pertumbuhan Perkembangan anak dan Remaja, Jakarta: Trans Info Medika.
Nasrul Effendi. 1998; Keperawatan Kesehatan Masyarakat edisi 2. Jakarta: EGC.
Soetjiningsih., I G N. Gde Ranuh. 2015; Tumbuh kembang anak edisi 2. Jakata: EGC.
Soekidjo Notoatmodjo. 2010; Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rhineka Cipta.
Soekidjo Notoatmodjo. 2003; Pendidikan dan perilaku kesehatan,,Jakarta: Rhineka Cipta.
Tri Rusmini. 2009; Ilmu Perilaku MA 104 Buku Pegangan Mahasiswa Akper. Jakarta: Sagung Seto