Study Deskriptif Aktualisasi Diri Mahasiswa dalam Penggunaan Metode PBL (Problem Based Learning) dengan Seven Jump pada Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Siti Alisah Rastam, Nutrisia Nu’im Haiya, Iwan Ardian

Abstract


PBL (Problem Based Learning) yaitu mahasiswa menganalisis sebuah masalah dan informasi yang baru dengan adanya bukti ilmiah. Metode pembelajaran dengan menggunakan metode seven jump dapat digunakan mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam mengembangkan aktualisasi diri yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah. Tujuan penelitian ini mengetahui gambaran aktualisasi diri mahasiswa dalam penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dengan seven jump di Prodi S1 Keperawatan FIK UNISSULA Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 207 responden.  Hasil penelitian diperoleh dari 207 responden, sebanyak 26 responden (12,6%) mempunyai aktualisasi diri tinggi, 101 responden (48,8%) ,mempunyai aktualisasi diri sedang, 69 responden (33,3%) yaitu mendekati aktualisasi diri dan 11 responden (5,3%) mempunyai aktualisasi diri rendah. Penelitian ini didapatkan bahwa gambaran aktualisasi diri mahasiswa dalam penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dengan seven jump di S1 Keperawatan FIK UNISSULA Semarang terbanyak yaitu kategori sedang.


Keywords


Aktualisasi diri; Problem Based Learning; Seven Jump

Full Text:

PDF

References


Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Editor. Jakarta: EGC.

Azhar Noor, M. S. (2014). Hubungan kepercayaan diri dengan aktualisasi diri pada mahasiswa yang aktif berorganisasi di sekolah tinggi ilmu kesehatan muhammadiyah banjarmasin. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin. https://id.scribd.com/doc/241748383/ hubungan-kepercayaan-diri-dengan-aktualisasi-diri-pada-mahasiswa-yang-aktif-berorganisasi-di-sekolah-tinggi-Ilmu-Kesehatan-Muhammadiyah-Banjarmasin-pdf. Di unduh 10 Januari 2020.

Juliandi, R. (2017). Hubungan konsep diri dengan aktualisasi diri pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan universitas tanjungpura pontianak angkatan 2013 dan 2014. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. Di unduh 08 Januari 2020.

Ningsih, R. (2017). Hubungan peran tutor dengan aktualisasi diri mahasiswa keperawatan dalam proses tutorial (seven jumps) pada prodi ilmu keperawatan di fakultas kesehatan dan mipa universitas muhammadiyah sumatera barat tahun 2016. Menara Ilmu, XI(77), 18–24. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/289. Di unduh 14 April 2019.

Ningsih, R., & Fidora, I. (2018). Peningkatan peran tutor dengan aktualisasi diri mahasiswa keperawatan dalam proses tutorial (seven jumps) pada prodi ilmu keperawatan di fakultas kesehatan dan mipa universitas muhammadiyah sumatera. Menara Ilmu, XII(9), 193–203. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1061. Di unduh 20 Mei 2019.

Pajouhandeh, E. (2013). Personal development and self-actualization of students the new environment. International Journal of Research In Social Sciences, 2(1), 21–26. https://doi.org/http://pdfs.semanticscholar.org/031f/c3ac8c56 cb2f0e8a89f8fa90f720d17d.pdf. Di unduh 09 September 2019.

Putra, L. P. (2015). Pengaruh aktualisasi diri dan dukungan sosial terhadap ketakutan akan sukses pada wanita karir. Jurnal Motiva, 22–27. https://doi.org/http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MV/article/view/3493. Di unduh 09 September 2019.

Sastroasmoro, S. (2011). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis (4th ed.). Jakarta: Sagung Seto.

Susanti, P. F. E., Lisiswanti, R., Soleha, T. U., Saputra, O., & Okyafany. (2017). Hubungan Kualitas Skenario Terhadap Keefektifan Diskusi Problem- Based Learning ( PBL ) Blok Emergency Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medulla, 7(4), 157–163. http://juke.kedokteran. unila.ac.id/index.php/medula/article/view/1768. Di unduh 02 Mei 2019.

Syarif, H., & Kamil, H. (2013). Perbandingan Efektifitas Metode Seven Jumps Dengan Metode Interactive Skill Station ( Iss ) Pada Mahasiswa Psik Fk Unsyiah The Comparison Of Effectivity The Seven Jumps Method And Interactive Skill Station Among Nursing Students At School Of Nursing , Syi. Idea Nursing Journal, IV(2), 19–25. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/1560. di unduh 10 Mei 2019.

Wahyuningsih, I. S. (2018). eksplorasi evaluasi metode problem based learning melalui pendekatan seven jump method pada mahasiswa keperawatan. Wacana Kesehatan, 3(2), 334–340. http://jurnal.akperdharmawacana.ac.id/ index.php/wacana/article/view/80/46. Di unduh 02 Juni 2019.




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v1i2.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bima Nursing Journal