Penerapan Buteyko Breathing Technique dengan Masalah Bersihan Jalan Napas Tidak Efektif pada Pasien Carsinoma Lidah

Siswoyo Siswoyo, Nur Widayati, Achamd Sigit, Yusi Ayu Permatasari

Abstract


Angka pasien dengan kanker setiap tahun terus mengalami peningkatan. Ca lidah merupakan keganasan jenis karsinoma yang mengenai lidah dan hampir 95% berupa karsinoma sel skuamosa. Ca lidah yang tidak ditangani secara komprehensif dapat bermetastasis pada jaringan sekitar. Tumor primer atau metastasis di wilayah kepala leher, paru atau mediastinum dapat menyebabkan obstruksi jalan napas pada tingkat laring, trakea atau bronkus sehingga dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Penatalaksanaan pada pasien dengan bersihan jalan napas tidak efektif atau obstruksi saluran napas dapat dilakukan secara non-farmakologi seperti latihan pernapasan, salah satunya yaitu buteyko breathing technique agar pasien dapat mengontrol pernapasannya sehingga proses pernapasan dapat berjalan dengan cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan buteyko breathing technique dengan masalah keperawatan bersihan jalan napas tidak efektif pada pasien ca lidah di Ruang Seruni RSD dr. Soebandi Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif, dimana penelitian ini dilakukan selama 3 hari dengan durasi pemberian intervensi selama 20 menit. Instrumen yang digunakan berupa lembar SOP buteyko breathing technique dan lembar observasi bersihan jalan napas pasien. Hasil penelitian didapatkan bahwa dengan menggunakan buteyko breathing technique, pasien dapat mulai mengontrol pernapasannya, terlihat dari indikator frekuensi napas (RR) membaik, batuk dan sputum menurun, ronkhi tidak ada serta penggunaan otot bantu pernapasan seperti retraksi dada minimal dan pernapasan cuping hidung tidak ada. Penerapan buteyko breathing technique cukup efektif dalam mengatasi masalah keperawatan bersihan jalan napas tidak efektif pada pasien ca lidah. Karya ilmiah ini dapat dijadikan sumber referensi bagi perawat untuk memberikan terapi dalam mengatasi pasien dengan masalah bersihan jalan napas tidak efektif.


Keywords


Buteyko Breathing Technique; Ineffective Airway Clearance; Tongue Cancer

Full Text:

PDF

References


Arif, M., & Elvira, M. (2018). Pengaruh Tekhnik Pernafasan Buteyko Terhadap Fungsi Ventilasi Oksigenasi Paru. Jurnal Pembangunan Nagari, 3(1), 45–60.

Aristi, K. A., Sulastyawati, & Widiani, E. (2020). Pengaruh Pemberian Teknik Pernafasan Buteyko Terhadap Arus Puncak Ekspirasi Pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) di RSUD dr. R. Soedarsono Pasuruan. Indonesian Journal of Nursing Health Science, 5(1), 68–74.

Ashfaq, M., Hameed, M., Ayub, Z., & Ashfaq, K. (2020). An Experience of Carcinoma Tongue. J Rawalpindi Med Coll, 17(1), 65–75.

Dewi, N. M. A. P., Nurhesti, P. O. Y., & Damayanti, M. R. (2020). Hubungan Antara Frekuensi Kemoterapi dan Status Nutrisi Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi di Ruang Sanjiwani RSUP Sanglah Denpasar. Community of Publishing in Nursing (COPING), 8(3), 258–267.

Endiyono, Adhi, M. H. P., & Muslim, A. H. (2022). The Effect of Buteyko Method on Oxygen Saturation Values in Covid-19 Patients. Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), 125–128.

Firmansyah, A., Furqon, M. R. N., Wibowo, D. A., & Rohita, T. (2023). Studi Kasus Implementasi Helath Education Teknik Buteyko Breathing Untuk Mencegah Kekambuhan Asma dengan Media Video Pada Keluarga. NERS Jurnal Keperawatan, 19(1), 27–33.

Frida. (2020). Penyakit Paru-Paru dan Pernapasan. Alprin.

Hersh, E. (2019). Tongue Cancer: Symptoms, Pictures, Prognosis. Healthline. https://www.healthline.com/health/oral-cancer/tongue-cancer#stages-and-grades

Kemenkes. (2022). Teknik Napas Buteyko - Mengenal Manfaat dan Cara Melakukannya. Kemenkes.

Maskhanah, Noorhidayah, & Firdaus, R. (2019). Pengaruh Teknik Pernapasan Buteyko. Mahakam Nursing Journal, 2(6), 254–262.

Mohan, V., Hardianto, A., & Rizki, K. A. (2019). Squamous Cell Carcinoma of The Tongue. Dental Journal, 1(6), 1–6.

Paelongan, Y., As’ad, S., Safitri, A., & Marniar. (2022). Terapi Nutrisi Pada Karsinoma Lidah Residif dengan Severe Protein Energy Malnutrition: Laporan Kasus. IJCNP, 5(2), 141–163.

Rahendra, Manggala, S., & Muhammady, N. H. El. (2020). Tatalaksana Sulit Jalan Napas pada Pasien dengan Tumor Hipofaring. Laporan Kasus, 35(1), 42–48.

Suharto, D. N. (2018). Analisis Kasus Kanker Lidah dalam Konteks Asuhan Keperawatan dengan Pendekatan Comfort Theory Model. Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(2), 88–94.

Wahyuni, S. S., & Kentjono, W. A. (2020). Diagnosis dan Penatalaksanaan Karsinoma Lidah. Jurnal THT-KL, 5(1), 44–61.




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v5i2.1507

Refbacks



Copyright (c) 2024 Bima Nursing Journal