Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Perawat Tentang Risiko Jatuh Pasien Yang Dirawat

Muhammad ALi Makaminan, Marjes N Tumurang, Ketrina Konoralma, Maria Terok

Abstract


Pengetahuan merupakan hasil penginderaan manusia, atau hasil mengetahui seseorang tentang suatu benda melalui indra yang dimilikinya (mata, hidung, telinga, dan sebagainya). Perawat sebagai pemberi pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien harus dapat memahami dan memahami risiko jatuh pada pasien. Oleh karena itu perawat dapat menjamin keselamatan pasien selama dirawat di ruang penyakit dalam RS Noongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan perawat tentang risiko jatuh pada pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe C Noongan. Jenis penelitian ini adalah observasi analitik dengan desain “Quasy Eksperimental with Pre and Post Test Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat yang bekerja di ruang penyakit dalam Rumah Sakit Tipe C Manado yang berjumlah 30 responden. Sedangkan sampelnya adalah populasi yang berjumlah 30 responden. Pengumpulan data menggunakan angket terstandar yang didahului dengan pre-test kemudian diberikan edukasi tentang pengetahuan tentang faktor risiko jatuh dan keselamatan pasien selama 5 hari, setelah itu dilakukan post-test. Hasil pengukuran pengetahuan diuji menggunakan statistik Wilcoxon Sign Rank Test dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi disertai narasi dan penjelasanHasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan terhadap pengetahuan perawat tentang keselamatan pasien dan risiko jatuh di RSUD Tipe C Noongan dengan nilai signifikansi 0,000 < p0,05. Disarankan kepada perawat agar termotivasi untuk terus meningkatkan pengetahuan terkait Patient Safety risiko terjatuh dan berperan dalam mencegah risiko terjatuh.

Keywords


Pengetahuan; Patient Safety; Resiko Jatuh

Full Text:

PDF

References


Gading, P. W. (2018). Barriers of fall risk assessment and prevention implementation in hospital setting. Jambi Medical Journal, 6(2), 204–216.

Heng, H., Jazayeri, D., Shaw, L., Kiegaldie, D., Hill, A. M., & Morris, M. E. (2020). Hospital falls prevention with patient education: A scoping review. BMC Geriatrics, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12877-020-01515-w

Khotimah, L. K., & Febriani, N. (2022). Peran Supervisi Kepala Ruangan Dalam Memotivasi Perawat Pada Pencegahan Risiko Jatuh Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 6(2), 141. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v6i2.4111

Mardiono, S., Alkhusari, & Saputra, A. U. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Terhadap Pencegahan Resiko Jatuh Pada Pasien. Indonesian Journal Of Health and Medical, 2(1), 22–32.

Muhtar, M., Aniharyati, A., & Ahmad, A. (2020). Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien pada Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Bima. Bima Nursing Journal, 2(1), 55–61.

NHS England and NHS Improvement. (2019). Implementing the NHS patient safety strategy: Safer culture, safer systems, safer patients. NHS England, July, 1–82.

Sendoh, A., Pertiwi, J. M., & Manoppo, J. I. C. (2023). Analisis Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit X Provinsi Sulawesi Utara. Medical Scope Journal, 5(1), 50–56. https://doi.org/10.35790/msj.v5i1.48229

Shaw, L., Kiegaldie, D., Heng, H., & Morris, M. E. (2023). Interprofessional education to implement patient falls education in hospitals: Lessons learned. Nursing Open, 10(1), 36–47. https://doi.org/10.1002/nop2.1276

Sugianto, K. M., & Handiyani, H. (2020). Fall Prediction and Prevention System using a Technology : A Literature Review. 3(1), 430–436. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v3i1.288

WHO. (2021). Global Patient Safety Action Plan 2021-2030 Third-Draft. World Health Organization.

Yuniarsih, S. M., Prihadi, P., & Martani, R. W. (2021). Pengaruh Edukasi Pencegahan Risiko Jatuh Terhadap Praktik Keluarga Dalam Mencegah Jatuh Pada Pasien Rawat Inap Di Rsud Kabupaten Batang. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 35(1), 18. https://doi.org/10.31941/jurnalpena.v35i1.1344




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v5i1.1358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bima Nursing Journal