Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat : Literature Review

Marjes Tumurang, Kurniadi Kurniadi, Abdul Haris, Arismansyah Arismansyah, Ahmad Ahmad

Abstract


Masalah yang di temui yaitu sebagian besar perawat yang ada di instalasi gawat darurat belum tanggap dalam pelayanan keperawatan sehingga pasien merasa tidak puas dengan pelayanan yang di berikan perawat Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Response Time perawat terhadap kepuasan pasien. Metode Penelitian literature review pencarian jurnal berbasis nasional dan internasional pada tiga database yaitu Scient direct, PUBMED, dan Google Schoolar. Dengan ketentuan jurnal yang dicari yaitu sejak tahun 2012-2020 dari sebanyak jurnal yang di analisis peneliti mendapatkan 8 jurnal sesuai dengan kata kunci penelitian. Hasil penelitian dari beberapa artikel bahwa sebagian besar perawat memiliki respon time lambat 5-10 menit. Kesimpulan jika Respon time perawat dalam menagani pasien di instalasi gawat darurat rata-rata kurang dari 5 menit atau pelayanan secara cepat dan tepat maka kepuasan pasien akan terpenuhi.

Keywords


Respon Time; Kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Afandi’, A., Wahyuni, L., Haryanto, A., & Sehat, k. G. D. S. B. Hubungan response time perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pada penanganan pasien triage kuning di rsud wahidin sudirohusodo kota mojokerto.ani septiani (2016)

Hammad, Muhtar, Syaiful, & Kurniadi. (2022). Perubahan Frekuensi Nafas dan Suhu Tubuh Pasien Ketika Terjadi Serangan Asma. 4(1), 17–23.

Laoh, J. M., & Rako, K. (2014). Gambaran Pengetahuan Perawat Pelaksana Dalam Penanganan Pasien Gawat Darurat Di Ruangan IGDM BLU RSUP. Prof. Dr. R. D Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 3(2), 43-50.

Muhtar, M., Aniharyati, A., & Ahmad, A. (2020). Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien pada Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Bima. Bima Nursing Journal, 2(1), 55–61.

Patricia Newcomb et al (2017) Memengaruhi kepuasan pasien di antara pasien yang sering menggunakan Gawat Darurat

Rifai, A., & Jamaluddin, J. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit TNI AD Tk Iv 02.07. 04 Bandar Lampung Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(03), 78-88

Septiani, A. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sumedang. Coopetition, 7(1), 1.

Setiawan, H., Yuniarti, S., & Wuryaningsih, s. H. (2019). Hubungan beban kerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan the relationship of nurse workload with level of client satisfaction toward nursing care.

Tambengi, H., Mulyadi, N., & Kallo, V. (2017). Hubungan Waktu Tunggu dengan Kecemasan Pasien di Unit Gawat Darurat RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Virgo, G. (2018). Hubungan response time pelayanan instalasi gawat darurat (igd) dengan tingkat kepuasan pasien di rsud bangkinang tahun 2018. Jurnal Ners, 2(1), 72-85

Wilde, E. T. 2009. Do Emergency Medical System Response Times Matter for Health Outcomes?.New York: Columbia Universitas.




DOI: https://doi.org/10.32807/bnj.v4i2.1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bima Nursing Journal