PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI CAPAIAN VAKSINASI COVID-19 | Ananda | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI CAPAIAN VAKSINASI COVID-19

Refiza Ananda(1), Siti Ahdina Putri(2), Rizma Adlia Syakurah(3*)
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v4i1.917

Abstract

Pandemi Covid-19 telah dideklarasikan oleh WHO (World Health Organization) sejak 9 Maret 2020. Penyakit ini telah menelan banyak korban jiwa, terutama orang dnegan penyakit bawaan. Penyebaran Covid-19 sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Program vaksinasi merupakan bentuk penanggulangan Covid-19 yang telah diinstruksikan oleh Pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi risiko paparan dan membentuk kekebalan tubuh. Namun program ini masih cukup sulit diterapkan kepada masyarakat khususnya masyarakat dikarenakan berbagai faktor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat gambaran upaya peningkatan kesehatan masyarakat melalui vaksinasi Covid-19 di Desa Harimau Tandang melalui kesempatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) oleh Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya. Metode pelaksanaan kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat mengenai vaksinasi Covid-19 yaitu dengan mengadakan penyuluhan serta pembagian masker dan sabun cuci tangan. Capaian Vaksinasi di Desa Harimau Tandang masih kurang dikarenakan pelaksanaan vaksinasi hanya dilakukan setiap bulan di tanggal 14 serta jarak tempuh yang jauh menuju Puskesmas. Selain itu, pendidikan yang rendah serta banyaknya berita hoax menyebabkan masyarakat menolak untuk dilakukan vaksinasi. Kegiatan pengabdian dimulai dengan melakukan observasi secara langsung mengenai vaksinasi. Wawancara dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya kepada masyarakat sekitar yang kemudian hasil dari wawancara tersebut akan dilakukan sinkronisasi dengan data yang tersedia di Puskesmas. Penyuluhan dilakukan dengan memberikan informasi mengenai dampak dari vaksinasi Covid-19 serta memberantas berita hoax yang tersebar di masyarakat. Kegiatan penyuluhan dan pembagian masker serta sabun cuci tangan telah menghasilkan dampak yang positif bagi masyarakat. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk melanjutkan kegiatan ini agar capaian vaksinasi Covid-19 di Desa Harimau Tandang mencapai target yang diinginkan.

Keywords


Covid-19; Penyuluhan

References


Adriansyah, F. H. (2020) Sikap Bela Negara Dimasa Pandemi Covid 19.

Edy, H. J. and South, E. J. (2021) ‘Edukasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Melalui Prorgam Kemitraan Masyarakat Pada Kolom 13 GMIM Siloam’, The Studies of Social Science, 03(02), pp. 30–35.

Farokhah, L., Ubaidillah, Y. and Yulianti, R. A. (2021) ‘Penyuluhan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Di Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok’, in Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, p. 108.

Fitriani Pramita Gurning et al. (2021) ‘Kebijakan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Di Kota Medan Tahun 2020’, Jurnal Kesehatan, 10(1), pp. 43–50. doi: 10.37048/kesehatan.v10i1.326.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2022) ‘Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19)’.

Larasati, P. A. and Sulistianingsih, D. (2021) ‘Urgensi Edukasi Program Vaksinasi Covid-19 Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021’,

Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 4(1), pp. 99–111.

Ruliani, S. (2022) ‘Implementasi Kebijakan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kedungdoro Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya’, Publika, 10(2), pp. 471–486.


Article Statistic

Abstract view : 117 times
PDF views : 23 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.