UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG | Hartati | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG

Yuli Hartati(1*), Hana Yuniarti(2)
(1) Poltekkes Kemenkes Palembang
(2) Poltekkes Kemenkes Palembang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v2i1.682

Abstract

Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang masih terjadi di Indonesia, baik anemia pada ibu hamil maupun anemia pada remaja putri. Dampak anemia pada remaja putri tidak hanya menurunkan konsentrasi belajar tetapi juga akan berdampak pada gangguan pertumbuhan sehingga pertumbuhan fisik menjadi tidak maksimal. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang anemia dengan menggunakan video animasi. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan video animasi setelah dilakukan pre test. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ada peningkatan pengetahuan tentang anemia pada remaja putri setelah dilakukan penyuluhan

Keywords


Anemia;remaja putri;penyuluhan;video animasi

References


Ahmady, dkk. 2016. Penyuluhan Gizi dan Pemberian Tablet Besi Terhadap Pengetahuan dan Kadar Hemoglobin Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri di Mamuju. Volume 2, Nomor 1, Juli 2016. ISSN :2443-3861. e-Jurnal. Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju.

Depkes Jakarta 2013 Riset Kesehatan Dasar 2013.http://www.depkes.go.id/resour

Guswir, Poppy Pertiwi. 2018. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Leaflet dan Video Terhadap Perubahan Pengetahuan Anemia Pada Remaja Putri Untuk Pencegahan Anemia di SMK N 3 Kota Padang Tahun 2018.Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang.

Kemenkes RI. 2011. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Mariana, dkk. 2013. Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri di SMK Swadaya Wilayah Kerja Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. 2013. e-Jurnal Kebidanan Vol. 2 No. 4 April 2013.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2003. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Riskesdas, 2013. Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes tahun 2010

Sari, Mega Permata. 2015. Pengaruh Pendidikan Gizi Tentang Anemia Dengan Media Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Remaja Putri di SMP N 01 Tasikmadu Karanganyar.e-journal.

Suhardjo. 1989. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Petunjuk Laboratorium Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi. PAU-IPB : Bogor.

Syakir, S., (2018). Pegaruh Intervensi Penyuluhan Gizi Dengan Media Animasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Anemia Pada Remaja Putri. (e-Jurnal). ARGIPA. 2018. Vol. 3, NO. 1:18-25.Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Tanjung Karang.

Zulaekah, S., 2007. Efek Suplementasi Besi, Vitamin C dan Pendidikan Gizi terhadap Perubahan Kadar HemoglobinAnak Sekolah Dasar yang Anemia di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. e-Skripsi. Universitas Diponegoro.

WHO. 2011. Haemoglobin Concentrations for the Diagnosis of Anemia and Assesment of Severity Available.


Article Statistic

Abstract view : 711 times
PDF views : 248 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.