SEMON (SEMINAR ONLINE NASIONAL) KEBIDANAN ASUHAN PSIKIS DAN FISIK PADA PERSALINAN NORMAL OLEH PRAKTIK BIDAN MANDIRI (PMB) DI MASA COVID-19 | Munafiah | Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

SEMON (SEMINAR ONLINE NASIONAL) KEBIDANAN ASUHAN PSIKIS DAN FISIK PADA PERSALINAN NORMAL OLEH PRAKTIK BIDAN MANDIRI (PMB) DI MASA COVID-19

Durrotun Munafiah(1*), Risky Puji Wulandari(2)
(1) STIKes Karya Husada Semarang
(2) STIKes Karya Husada Semarang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.32807/jpms.v2i1.600

Abstract

Penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus yang baru muncul yang pertama dikenali muncul di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019. Pengurutan genetika virus ini mengindikasikan bahwa virus ini berjenis betacoronavirus yang terkait erat dengan virus SARS (1). Program pembangunan kesehatan di Indonesia saat ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan kesehatan ibu dan anak. Kebutuhan asuhan persalinan normal yang diberikan pada pasien tetap perlu di berikan dengan memperhatikan kondisi masih berlangsungnya pandemi COVID-19 serta tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasinya di tingkat keluarga. Perencanaan persalinan dapat dilakukan manakala ibu, suami dan keluarga memiliki pengetahuan mengenai resiko tinggi dan tanda-tanda bahaya kehamilan serta bahaya COVID-19. Pada masa pandemi COVID-19 banyak hal dalam pelayanan kebidanan perlu adanya penyesuaian pelayanan sesuai dengan protokol kesehatan. Permasalahan kesehatan ibu dan anak menjadi hal yang perlu perhatian dalam kesuksesan program-program kesehatan khususnya ibu dan anak untuk menurunkan jumlah angka morbiditas dan mortalitas di tengah pandemic COVID-19. Hal inilah menjadi dasar STIKes Karya Husada Semarang melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk seminar online nasional mengenai Asuhan Psikis Dan Fisik Pada Persalinan Normal oleh PMB Di Masa COVID-19. Seminar online nasional ini telah memberikan sumbangsih khususnya untuk bidan praktik untuk membangun kemandirian dan pemberdayaan diri sehingga mampu memberikan APN sesuai dengan protokol kesehatan pada masa pandemic virus COVID-19.

Keywords


COVID-19;Asuhan Persalinan Normal;PMB

References


ACOG. Practice Advisory : Novel Coronavirus 2019 (COVID-19). American College of Obstetric and Gynaecology. 2020

Alderdice, F., Health, P., Mcneill, J., Lynn, F., & Children, I. (2013). A systematic review of systematic reviews of interventions to improve maternal mental health and well-being. Midwifery, 29(4), 389–399. https://doi.org/10.1016/j.midw.2012.05.010

American Conggress of Obstetricians and Gynecologists. (2017). Guidelines for Perinatal Care.

Favre G, Pomar L, Musso D, Baud D. 2019-nCoV epidemic: what about pregnancies? Lancet 2020; DOI: 10.1016/S0140- 6736(20)30311-1. Available at: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0140673620303111.

Kemenkes RI. Pedoman Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, dan Bayi Baru Lahir di Era Pandemi Covid-19. Indonesia: Kemenkes RI. 2020.

Kemenkes RI. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCov). Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. 2020

POGI. Rekomendasi Penanganan Infeksi Virus Corona (Covid-19) Pada Maternal (Hamil, Bersalin Dan Nifas). Indonesia: POGI. 2020.


Article Statistic

Abstract view : 2169 times
PDF views : 1210 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.