PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI “ISI PIRING AMBO” SEBAGAI UPAYA PENERAPAN GIZI SEIMBANG
Abstract
Remaja adalah anak yang berusia 10-19 tahun. Pada masa ini individu mengalami perkembangan
psikologi dan pola identifikasi dari anak-anak menjadi dewasa. Perubahan tersebut
mempengaruhi kebutuhan gizi dan makanan terhadap masing-masing individu. Isi piringku
menggambarkan tentang makanan SEHAT dengan pedoman gizi seimbang. Perkembangan
media teknologi informasi dan komunikasi pada era sekarang ini menunjukan betapa
semakin banyak media komunikasi yang beredar dalam masyarakat. Oleh karena itu edukasi ini
dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan dalam
pengabdian masyarakat adalah pelaksanaan edukasi dengan ceramah, diskusi, dan Tanya jawab.
Hasil dari kegiatan pengabmas ini adalah pengukuran pretest dan postest menunjukkan
peningkatan rerata skor pengetahuan siswa/siswi yang dilanjutkan dengan memonitoring
perkembangan transfer pengetahuan dari siswa/siswi yang telah mendapat pendidikan gizi
kepada siswa sebaya mengenai pengetahuan gizi seimbang isi piringku dengan aplikasi
smartphone. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan siswa/siswi mengalami peningkatan
pengetahuan mengenai isi piringku dengan aplikasi “Isi Piring Ambo”.
psikologi dan pola identifikasi dari anak-anak menjadi dewasa. Perubahan tersebut
mempengaruhi kebutuhan gizi dan makanan terhadap masing-masing individu. Isi piringku
menggambarkan tentang makanan SEHAT dengan pedoman gizi seimbang. Perkembangan
media teknologi informasi dan komunikasi pada era sekarang ini menunjukan betapa
semakin banyak media komunikasi yang beredar dalam masyarakat. Oleh karena itu edukasi ini
dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan dalam
pengabdian masyarakat adalah pelaksanaan edukasi dengan ceramah, diskusi, dan Tanya jawab.
Hasil dari kegiatan pengabmas ini adalah pengukuran pretest dan postest menunjukkan
peningkatan rerata skor pengetahuan siswa/siswi yang dilanjutkan dengan memonitoring
perkembangan transfer pengetahuan dari siswa/siswi yang telah mendapat pendidikan gizi
kepada siswa sebaya mengenai pengetahuan gizi seimbang isi piringku dengan aplikasi
smartphone. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan siswa/siswi mengalami peningkatan
pengetahuan mengenai isi piringku dengan aplikasi “Isi Piring Ambo”.
Keywords
Pengetahuan;Isi Piring Ambo
References
Adriani, M., & Wirjatmadi, B. 2013.
Peranan Gizi Dalam Siklus
Kehidupan. Jakarta : Kencana Prenada
Media Group.
Almatsier, S. 2001. Prinsip Dasar Ilmu
Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Lusa. 2009. Gizi Seimbang pada Remaja
dan Dewasa. Jakarta: Salemba
Medika.
I.G Pratiwi, D.A Restanty.2017. Penerapan
Aplikasi Berbasis Android" Status Gizi
Balita" terhadap Pengetahuan Ibu dalam
Pemantauan Status Gizi Anak Usia 12-
Tahun: Jurnal Kebidanan Akademi
Kebidanan Jember. 2(1) PP 8-14
Article Statistic
Abstract view : 485 timesPDF views : 125 times
Dimensions Metrics
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.